Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Materi Penanganan Limbah dengan Penerapan Pendidikan Lingkungan Berbasis Teknologi di SMKN 11 Semarang.


Wartono , 4401406065 (2011) Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Materi Penanganan Limbah dengan Penerapan Pendidikan Lingkungan Berbasis Teknologi di SMKN 11 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Materi Penanganan Limbah dengan Penerapan Pendidikan Lingkungan Berbasis Teknologi di SMKN 11 Semarang.]
Preview
PDF (Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Materi Penanganan Limbah dengan Penerapan Pendidikan Lingkungan Berbasis Teknologi di SMKN 11 Semarang.) - Published Version
Download (18MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil obervasi dan wawancara diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pendidikan lingkungan di SMKN 11 Semarang masih belum optimal. Guru mengalami kesulitan karena siswa cenderung menganggap mata pelajaran adaptif seperti IPA itu tidak penting. Siswa lebih mementingkan mata pelajaran yang terkait praktik. Kecenderungan ini terutama pada siswa jurusan produksi (PD) dan persiapan produksi (PS). Untuk itu perlu dicoba menerapkan pendidikan lingkungan berbasis teknologi pada materi penanganan limbah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi penanganan limbah dengan penerapan pendidikan lingkungan berbasis teknologi di SMKN 11 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan produksi dan jurusan persiapan produksi tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 10 kelas. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2010/2011 saat siswa duduk di kelas XII. Sampel yang digunakan adalah kelas XII PD 1, XII PD 2 dan XII PD 3 yang diambil dengan teknik purposive sample. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre Eksperimental yaitu dengan menggunakan model One-Shot Case Study. Data utama penelitian ini berupa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Data pendukung berupa data kinerja guru, data tanggapan siswa dan data hasil wawancara dengan guru tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan. Data penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan siswa aktif dengan nilai 7 secara klasikal mencapai 85%. Masih terdapat siswa yang memiliki nilai 6 namun hanya dijumpai pada kelas XII PD 1 dan XII PD 2 dengan jumlah relatif kecil dan tidak selalu dijumpai pada tiap pertemuan. Siswa yang mencapai nilai optimum secara klasikal pada kelas XII PD 1, XII PD 2 dan XII PD 3 secara berturut-turut adalah 82,86%, 68,57% dan 71,43%. Guru menunjukkan kinerja yang baik atau sangat baik dengan nilai B dan A. Diketahui baik siswa maupun guru tertarik terhadap penerapan pendidikan lingkungan berbasis teknologi. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendidikan lingkungan berbasis teknologi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi penanganan limbah di SMKN 11 Semarang. Guru perlu berkoordinasi dengan pihak sekolah agar saat dibutuhkan pengamatan berulang kali pada kegiatan praktikum dapat terlaksana dengan baik..

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar dan pendidikan lingkungan berbasis teknologi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 May 2011 05:52
Last Modified: 25 Apr 2015 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2369

Actions (login required)

View Item View Item