MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 COMAL TAHUN AJARAN 2008/2009 MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)


Purnami , 3101405045 (2009) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 COMAL TAHUN AJARAN 2008/2009 MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 COMAL TAHUN AJARAN 2008/2009 MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 COMAL TAHUN AJARAN 2008/2009 MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)) - Published Version
Download (674kB) | Preview

Abstract

Permainan Ular Tangga, Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar Dalam proses pembelajaran di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Comal, guru belum melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, guru kesulitan memberi variasi dalam pembelajaran, dan media yang tersedia masih kurang, sehingga hasil belajar siswa cenderung rendah. Penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Permainan Ular Tangga dalam pembelajaran ilmu sosial khususnya sejarah diharapkan siswa akan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajarpun meningkat. Permasalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan permainan ular tangga dengan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada materi masa pendudukan militer Jepang di Indonesia siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Comal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa XI IPS 4 menggunakan permainan ular tangga dengan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 yang berjumlah 40 siswa. Siswa dikatakan tuntas belajar jika siswa mendapat nilai minimal > 70 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 85 % dari jumlah siswa yang ada dikelas. Hasil belajar siswa sebelum diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata 67,2 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 35%. Pada siklus I setelah diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,25 dengan persentase ketuntasan klasikal 72,50%. Pada siklus I nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal sudah meningkat, tapi ketuntasan belajar belum mencapai indikator. Kemudian hasil belajar yang diperoleh pada siklus II nilai rata-rata sebesar 78,38 dengan ketuntasan klasikal 92,50%. Pada siklus II telah mengalami peningkatan dari siklus I, dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 92,50%.dari jumlah siswa satu kelas dan nilai rata-rata mencapai 78,38. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui menggunakan permainan ular tangga dengan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Ular Tangga, Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 May 2011 11:21
Last Modified: 25 Apr 2015 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2368

Actions (login required)

View Item View Item