KAJIAN FENOMENA PERPINDAHAN MASSA DALAM TANGKI BERPENGADUK PADA PROSES EKSTRAKSI FENOL DARI LARUTAN TIR BATU BARA ARTIFISIAL

Dr. Fardhyanti, Dewi Selvia and Wibowo, Bahy and Rafiqi, Muhammad (2016) KAJIAN FENOMENA PERPINDAHAN MASSA DALAM TANGKI BERPENGADUK PADA PROSES EKSTRAKSI FENOL DARI LARUTAN TIR BATU BARA ARTIFISIAL. Under Graduates thesis, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Download (84Kb)
    [img]
    Preview
    PDF (BAB 1)
    Download (159Kb)
      PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Request a copy
        PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Request a copy
          PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Request a copy
            PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Request a copy
              [img]
              Preview
              PDF (Daftar Pustaka)
              Download (169Kb)
                PDF (Lampiran)
                Restricted to Repository staff only

                Request a copy

                  Abstract

                  Produksi batu bara di Indonesia pada tahun 2014 mencapai 368,9 juta ton. Biasanya pemanfaatan batu bara menggunakan proses pirolisis yang dapat menghasilkan tir batu bara. Tir yang dihasilkan dari proses pirolisis batu bara jumlahnya bervariasi namun dapat mencapai 15,8% berat bergantung pada suhu operasi pirolisis dan jenis batu bara, jumlah ini cukup signifikan mengingat produksi dan penggunaan batu bara di Indonesia sangatlah besar. Penelitianpenelitian terhadap batu bara telah banyak dilakukan, tetapi khusus terhadap tirnya masih sangat sedikit dan penelitian-penelitian tersebut belum mempelajari fenomena dan pemodelan perpindahan massa serta belum banyak yang mengambil senyawa fenol dari tir batu bara. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kondisi optimum ekstraksi senyawa fenol dari tir batu bara dan nilai koefisien perpindahan massa pada ekstraksi senyawa fenol dari tir batu bara. Penelitian ini menggunakan metode ekstraksi cair-cair dengan suhu (30oC dan 40oC), waktu ekstraksi (5 menit, 10 menit, 15 menit, 20 menit, 25 menit, dan 30 menit), diameter pengaduk (3,5 cm dan 4 cm), diameter tangki (9 cm dan 10 cm), kecepatan pengaduk (210 rpm, 230 rpm, 250 rpm). Hasil percobaan menunjukkan, konsentrasi fenol yang terekstrak paling tinggi pada suhu 40oC, diameter tangki 9 cm, diameter pengaduk 3,5 cm, kecepatan pengadukan 250 rpm, dan pada waktu ekstraksi 20 menit dengan rendemen yang didapat 2,77%. Nilai koefisien perpindahan massa fasa dispersi dari hasil percobaan sebesar 2,8391×10-14.

                  Item Type: Thesis (Under Graduates)
                  Subjects: T Technology > T Technology (General)
                  Fakultas: Fakultas Teknik
                  Depositing User: Repository Universitas Negeri Semarang
                  Date Deposited: 25 Aug 2016 07:40
                  Last Modified: 25 Aug 2016 07:40

                  Actions (login required)

                  View Item