PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR BERANGKAI DENGAN METODE CIRC PADA SISWA KELAS X.2 SMA ISLAM T. HUDA BUMIAYU KABUPATEN BREBES


Ayu Wida Nindya Kirana , 2102405504 (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR BERANGKAI DENGAN METODE CIRC PADA SISWA KELAS X.2 SMA ISLAM T. HUDA BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR BERANGKAI DENGAN METODE CIRC PADA SISWA KELAS X.2 SMA ISLAM T. HUDA BUMIAYU KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR BERANGKAI DENGAN METODE CIRC PADA SISWA KELAS X.2 SMA ISLAM T. HUDA BUMIAYU KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (453kB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis wacana narasi siswa kelas X-2 SMA Islam T. Huda Bumiayu Kabupaten Brebes masih rendah. Nilai rata-rata kemampuan menulis wacana narasi siswa di kelas tersebut 60, padahal kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang harus dicapai adalah 67. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor siswa, metode pembelajaran, dan faktor media pembelajaran. Faktor siswa, sebagian siswa kesulitan menentukan ide dan topik untuk menulis wacana narasi. Rendahnya kemampuan siswa menulis wacana narasi juga disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan guru yang kurang variatif dan kurangnya media pembelajaran yang difasilitasi oleh sekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis wacana narasi siswa X.2 SMA Islam T. Huda Bumiayu Kabupaten Brebes setelah mengikuti pembelajaran menulis wacana narasi dengan menggunakan media gambar berangkai dan metode CIRC, dan (2) bagaimanakah perubahan tingkah laku siswa kelas X-2 SMA Islam T. Huda Bumiayu setelah mengikuti pembelajaran menulis wacana narasi menggunakan media gambar berangkai dan metode CIRC? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis wacana narasi dan untuk mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas X-2 SMA Islam T. Huda Bumiayu setelah mengikuti pembelajaran menulis wacana narasi melalui media gambar berangkai dan metode CIRC. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis wacana narasi melalui media gambar berangkai dan metode CIRC pada siswa kelas X-2 SMA Islam T. Huda Bumiayu Kabupaten Brebes. Variabel penelitian ini berupa variabel inputoutput dan variabel proses. Variabel input-output adalah kemampuan siswa dalam menulis wacana narasi berbahasa Jawa. Variabel proses dalam penelitian ini adalah penggunaan media gambar berangkai dan metode CIRC (Cooperative Iintegrated Reading and Composition). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 (dua) siklus. Tiap siklus terdiri atas empat langkah pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa kemampuan menulis wacana narasi dengan media gambar berangkai dan metode CIRC. Teknik nontes berupa data observasi, jurnal, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis wacana narasi berbahasa Jawa melalui media gambar berangkai dan metode CIRC pada siswa kelas X.2 SMA Islam T. Huda Bumiayu Kabupaten Brebes. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari hasil skor rata-rata pada data awal 60,04 (kategori kurang) meningkat pada siklus I menjadi 66,2 (kategori cukup), dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 74,13 (kategori baik). Persentase peningkatan skor rata-rata pada data awal ke siklus I 10,42%, dari siklus I ke siklus II 11,80%, dan dari data awal ke siklus II meningkat 23,47%. Berdasarkan dari hasil data nontes dapat diketahui bahwa tingkah laku siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dari kondisi awal ke siklus II. Saran penelitian ini yaitu guru dapat menggunakan metode CIRC dan media gambar berangkai dalam pembelajaran menulis narasi berikutnya dan siswa disarankan untuk terus berlatih menulis menggunakan bahasa Jawa agar mampu menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk tulis. ---------------------------------------------------------> Kabisan nulis wacana narasi siswa kelas X-2 SMA Islam T. Huda Bumiayu Kabupaten Brebes isih kurang. Buktine biji rata-rata kabisane siswa nulis wacana narasi mung 60, kamangka kriteria ketuntasan minimale (KKM) 67. Kahanan kasebut disebabake dening telung faktor, yaiku faktor siswa, metode panyinaon, lan faktor medhia panyinaon. Faktor siswa, akeh-akehe siswa kangelan milih ide lan topik kanggo nulis wacana narasi. Endheke kebisan siswa nulis wacana narasi uga disebabake dening metode panyinaon kang dicakake guru kurang variatif lan kurange medhia panyinaon kang disediyakake dening sekolahan. Masalah sing ana ing panaliten iki yaiku (1) kepriye ngundhake kabisan nulis wacana narasi siswa kelas X.2 SMA Islam T. Huda Bumiayu Kabupaten Brebes, sawise melu panyinaon nulis wacana narasi kanthi migunakake medhia gambar berangkai lan metode CIRC lan (2) kepriye owah-owahane tindaktanduke siswa kelas X.2 SMA Islam T. Huda Bumiayu Kabupaten Brebes sawise melu pasinaon nulis wacana narasi migunakake medhia gambar berangkai lan metode CIRC? Subjek panaliten iki yaiku kabisane nulis wacana narasi nganggo medhia gambar berangkai lan metode CIRC ing siswa kelas X.2 SMA Islam T. Huda Bumiayu Kabupaten Brebes.Variabel panaliten iki arupa variabel input-output lan variabel proses. Variabel input-output ing panaliten iki yaiku kabisane siswa nulis wacana narasi nganggo basa Jawa. Variabel proses ing panaliten iki yaiku migunakake medhia gambar berangkai lan metode CIRC (Cooperative Iintegrated Reading and Composition). Desain panaliten iki migunakake desain penelitian tindakan kelas kang kaperang dadi rong siklus, saben silus kaperang dadi papat jangkah panyinaon yaiku perencanaan, pelaksanaan, observasi, lan refleksi. Teknik ngumpulake data nganggo teknik tes lan teknik nontes. Teknik tes arupa tes nulis wacana narasi nganggo basa Jawa kanthi nggunakake medhia gambar berangkai lan metode CIRC. Teknik nontes arupa data observasi, jurnal, lan wawancara. Teknik analisis data migunakake teknik kualitatif lan teknik kuantitatif. Asile panaliten iki nuduhake yen kabisane siswa kelas X.2 SMA Islam T. Huda Bumiayu Kabupaten Brebes anggone nulis wacana narasi nganggo basa Jawa bisa mundhak sawise dianakake tindakan nulis wacana narasi nganggo basa Jawa kanthi migunakake medhia gambar berangkai lan metode CIRC. Mundhake kabisane siswa anggone nulis wacana narasi nganggo basa Jawa bisa katitik saka rata-rata bijine siswa ing data awal 60,04 (kategori kurang) mundhak ing siklus I dadi 66,2 (kategori cukup), lan mundhak maneh ing siklus II dadi 74,13 (kategori baik). Persentase mundhake rata-rata bijine siswa saka data awal nganti siklus I 10,42%, lan saka siklus I nganti siklus II 11,80%, lan saka data awal nganti siklus II mundhak dadi 23,47%. Adhedasar asil nontes bisa dingerteni yen tindaktanduke sisa owah luwih apik saka kondisi awal nganti siklus II. Saka panaliten iki menehi saran yaiku guru bisa nggunakake metode CIRC lan medhia gambar berangkai nganggo panyinaon nulis wacana narasi liyane lan siswa disaranake supaya gladhen anggone nulis wacana narasi migunakake basa Jawa supaya bisa nggunakake basa Jawa wujud tulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis wacana narasi, media gambar berangkai, metode CIRC. nulis wacana narasi, medhia gambar berangkai
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 May 2011 02:42
Last Modified: 25 Apr 2015 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2363

Actions (login required)

View Item View Item