PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA


Bayu Aji Nugroho, 4401410067 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401410067.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Siswa SMA N 2 Pati lebih cenderung belajar menghafal dalam belajar materi biologi khususnya pada bab archaebacteria dan eubacteria yang mempunyai banyak nama ilmiah dalam materi tersebut. Siswa SMA N 2 Pati termasuk siswa yang kreatif, mereka tanggap terhadap pertanyaan atau stimulus dari guru, namun respon dari siswa tersebut belum mengarah pada konsep materi yang diinginkan dan sedang dipelajari. Hanya sekitar 28% siswa aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru sesuai dengan konsep yang sedang dipelajari. Model pebelajaran yang dapat diterapkan yaitu model Project Based Learning (PjBL) berbantuan video . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan video terhadap kreativitas siswa pada materi archaebacteria dan eubacteria. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design .Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Pati Kabupaten Pati. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling dengan satu kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 5 dan satu kelas kontrol yaitu X MIA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor tingkat keterlaksanaan PjBL berbasis video pada kelas eksperimen adalah 89,9 %. Hasil tersebut didapatkan melalui angket keterlaksanaan terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh siswa. Tingkat keterlaksanaan PjBL berbasis video terhadap skor posttest kreativitas belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata yaitu 63. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL berbantuan video berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa pada materi archaebacteria dan eubacteria sebesar 75,3%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Archaebacteria dan Eubacteria, Kreativitas Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:10
Last Modified: 22 Aug 2016 18:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23627

Actions (login required)

View Item View Item