PENGEMBANGAN MODUL MATERI EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN SETS DI SMP NEGERI 5 SEMARANG


Queena Lupita, 4401410049 (2015) PENGEMBANGAN MODUL MATERI EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN SETS DI SMP NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of 4401410049.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menempatkan peserta didik sebagai subjek yang peduli pada lingkungan sosial, alam, dan lingkungan budaya (Kurinasih & Sani : 2014). SMP Negeri 5 Semarang hanya menggunakan buku paket dari Depdiknas dalam pembelajaran yang kurang menarik minat siswa, kurang lengkap, dan belum banyak mengaitkan keempat komponen SETS. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul materi ekosistem dengan pendekatan SETS di SMP Negeri 5 Semarang, (2) mengetahui kelayakan modul materi ekosistem dengan pendekatan SETS berdasarkan standar penilaian buku teks BSNP, (3) menguji keefektifan modul materi ekosistem dengan pendekatan SETS terhadap hasil belajar siswa, dan (4) mengetahui keterterapan modul materi ekosistem dengan pendekatan SETS dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Penelitian menggunakan dua kelas VII sebagai sampel yang terpilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, lembar penilaian modul, nilai pre-test dan post-test, serta angket tanggapan guru dan siswa. Data wawancara dianalisis dengan deskriptif kualitatif, sedangkan lembar penilaian modul dan angket tanggapan guru dan siswa dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Keefektifan modul diuji menggunakan uji t. Hasil penelitian ini adalah: (1) modul materi ekosistem dikembangkan dengan pendekatan SETS yang terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup, (2) kelayakan modul yang dikembangkan memperoleh rata-rata sebesar 81,93% dari pakar dengan kriteria sangat valid, (3) hasil uji t diperoleh thitung sebesar 3,896 sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan (4) hasil tanggapan guru memperoleh presentase sebesar 84% dan hasil tanggapan siswa memperoleh presentase sebesar 90,59% yang keduanya termasuk dalam kriteria sangat dapat diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) modul materi ekosistem dengan pendekatan SETS terdiri dari bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup, (2) modul sangat layak berdasarkan standar penilaian buku teks BSNP, (3) modul dapat efektif meningkatkan hasil belajar siswa, (4) modul sangat dapat diterapkan dalam pembelajaran. Peneliti menyarankan modul yang dikembangkan digunakan sebagai bahan ajar siswa dalam pembelajaran dan dapat dikembangkan penelitian lain yang sejenis tetapi untuk mengukur aspek psikomotorik dan afektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, Ekosistem, SETS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:10
Last Modified: 22 Aug 2016 18:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23626

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item