HUBUNGAN LEVEL METAKOGNITIF DENGAN HASIL BELAJAR AFEKTIF KARAKTER KONSERVASI PADA MATA KULIAH MIKROTEKNIK


Henny Sulistyorini, 4401408093 (2015) HUBUNGAN LEVEL METAKOGNITIF DENGAN HASIL BELAJAR AFEKTIF KARAKTER KONSERVASI PADA MATA KULIAH MIKROTEKNIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401408093.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembangkitan metakognisi mahasiswa yang terencana dan berkesinambungan akan member akumulasi pengalaman metakognitif. Pengalaman metakognitif sebagai produk bawah sadar berpotensi untuk membentuk karakter. Karakter yang diharapkan muncul adalah sebelas karakter konservasi yang merupakan cirri khas dan keunggulan mahasiswa/lulusan Unnes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara level metakognitif dengan hasil belaja rafektif karakter konservasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah mikroteknik semester genap tahun 2014/2015 yang berjumlah 129 orang. Sampel yang diambil adalah 34 orang mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling yaitu rombongan belajar 4. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah level metakognitif dan variabel terikatnya adalah hasil belajar afektif karakter konservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level metakognitif mahasiswa mayoritas berada pada level 3 dan level 4, sedangkan hasil belajar afektif menunjukkan 94,1% mahasiswa berkategori tinggi dan sangat tinggi. Pada analisis tahap lanjut diadakan tabulasi silang antara data level metakognitif dengan data hasil belajar afektif menggunakan korelasi Product Moment. Uji korelasi tersebut menunjukkan korelasi yang positif dengan nilai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Level metakoginitif, karakter konservasi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:08
Last Modified: 22 Aug 2016 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23621

Actions (login required)

View Item View Item