IDENTIFIKASI DAN ANALISIS HAMBATAN GURU BIOLOGI KELAS X DALAM IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE KABUPATEN SEMARANG


Candra Widyasmoro, 4401408021 (2015) IDENTIFIKASI DAN ANALISIS HAMBATAN GURU BIOLOGI KELAS X DALAM IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401408021.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Standar Proses Kurikulum 2013 adalah kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan, yang meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian proses dan hasil pembelajaran. Standar Penilaian Kurikulum 2013 adalah kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang mencakup penilaian otentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan guru Biologi kelas X dalam implementasi Standar Proses dan Standar Penilaian Kurikulum 2013 di SMA Negeri se Kabupaten Semarang. Berdasarkan observasi awal ditemukan fakta bahwa guru Biologi kelas X mengalami hambatan dalam implementasi Standar Proses dan Standar Penilaian Kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif, responden dalam penelitian ini adalah guru Biologi kelas X, dan aktivitas yang diamati adalah proses pembelajaran. Objek yang dipelajari dan sumber data yang diambil dengan teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru Biologi kelas X, proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, dan dokumen silabus dan RPP yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis dekskriptif dengan Presentase (DP) untuk menganalisis data hasil metode kuesioner. Data hasil metode wawancara dan metode observasi dianalisis secara kualitatif, dan data hasil metode dokumentasi adalah sebagai data pelengkap. Hasil penelitian menunjukan hambatan guru Biologi kelas X dalam implementasi Standar Proses dan Standar Penilaian Kurikulum 2013 di SMA Negeri se Kabupaten Semarang bahwa gambaran umum hambatan guru Biologi kelas X dalam perencanaan proses pembelajaran rata-rata sebesar 24,09% dimana termasuk dalam kategori hambatan rendah, hambatan dalam pelaksanaan proses pembelajaran rata-rata sebesar 22,92% dimana termasuk dalam kategori hambatan rendah, dan hambatan dalam penilaian proses dan hasil pembelajaran rata-rata sebesar 22,25% dimana termasuk dalam kategori hambatan rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hambatan, Guru Biologi, Implementasi, Standar Proses, Standar Penilaian, Kurikulum 2013,
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:08
Last Modified: 22 Aug 2016 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23620

Actions (login required)

View Item View Item