EFEKTIVITAS BENTONIT TERAKTIVASI SEBAGAI PENURUN KADAR ION FOSFAT DALAM PERAIRAN


Indah Puji Lestari , 4311411033 (2015) EFEKTIVITAS BENTONIT TERAKTIVASI SEBAGAI PENURUN KADAR ION FOSFAT DALAM PERAIRAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4311411033.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas bentonit teraktivasi kimia dan fisika dalam menurunkan kadar ion fosfat dalam perairan menggunakan metode adsorpsi. Bentonit alam turut disertakan dalam penelitian ini dan berfungsi sebagai kontrol pada penelitian ini. Proses aktivasi bentonit secara kimia dilakukan dengan perendaman menggunakan asam sulfat 2 M selama 24 jam. Proses aktivasi bentonit secara fisika dilakukan dengan pemanasan dalam furnace pada suhu 3500C selama 3 jam. Bentonit hasil preparasi dikarakterisasi menggunakan SAA dan XRD. Hasil karakterisasi bentonit hasil preparasi menunjukkan bahwa bentonit mengandung mineral montmorillonit, kuarsa dan kaolin. Hasil aktivasi kimia tidak mengakibatkan perubahan struktur kristal bentonit alam namun mengakibatkan pergeseran difraktogram dari masing-masing mineral penyusun bentonit. Hasil aktivasi fisika mengakibatkan perubahan struktur kristal bentonit yang semula berbentuk amorf menjadi bentuk kristal (kristalinitas tinggi), serta muncul puncak difraktogram baru pada 2 theta 200-300 yang cukup tinggi sebagai karakteristik mineral kaolin. Kondisi optimum adsoprsi dicari dengan menentukan waktu kontak optimum serta konsentrasi awal optimum. Berdasarkan kondisi optmum adsorpsi, kapasitas adsorpsi dapat ditentukan yaitu dengan menggunakan isoterm adsorpsi. Berdasarkan hasil penelitian bentonit teraktivasi kimia berukuran 100 mesh memiliki kapasitas adsorpsi paling besar dibandingkan dengan bentonit teraktivasi fisika. Kondisi optimum proses adsorpsi bentonit teraktivasi kimia berukuran 100 mesh yaitu pada waktu kontak 180 menit pada konsentrasi 110 ppm dan memiliki kapasitas adsorpsi sebesar 7,0323 mg/g. Proses adsorpsi pada bentonit hasil preparasi termasuk adsorpsi kimia dan mengikuti pola isoterm adsorpsi Langmuir. Bentonit hasil optimasi pada penelitian ini diaplikasikan secara langsung untuk menurunkan kadar fosfat dalam perairan sawah. Bentonit teraktivasi kimia mampu menurunkan kadar fosfat rata-rata sebesar 3,2043 ppm atau 9,057 %. Massa bentonit yang digunakan adalah 0,1 g, dan daya serap rata-ratanya sebesar 0,79814 mg/g.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adsorpsi, Bentonit teraktivasi, Kapasitas adsorpsi, adsorption, , bentonite active, adsorption capacity
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:08
Last Modified: 22 Aug 2016 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23615

Actions (login required)

View Item View Item