PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN MEDIA PLAYING CARD MATERI INDIKATOR ASAM BASA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Salipah, 4301411127 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN MEDIA PLAYING CARD MATERI INDIKATOR ASAM BASA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411127.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry berbantuan media playing card terhadap hasil belajar siswa materi indikator asam basa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pretest–posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster ramdom sampling, dan didapatkan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan ganda, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa N-Gain kelas kontrol termasuk dalam kriteria rendah dan N-Gain untuk kelas eksperimen dalam kriteria sedang dan kriteria rendah dengan KKM 75. Hasil uji signifikansi diperoleh harga thitung sebesar 2,52 lebih besar dari ttabel 1,995 dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 68. Hasil analisis data menunjukkan besarnya koefisien determinasi 10,24%. Rerata hasil belajar afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry berbantuan media playing card berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Inquiry, Playing Card, The Result of Learning, Inquiry, Playing Card
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:10
Last Modified: 22 Aug 2016 18:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23610

Actions (login required)

View Item View Item