PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN TEKNIK PENGAMATAN LANGSUNG YANG BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A MTS NURUL ULUM JEMBAYAT KABUPATEN TEGAL


Arminda Aghista Maharfanny, 2101409009 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN TEKNIK PENGAMATAN LANGSUNG YANG BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A MTS NURUL ULUM JEMBAYAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101409009.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa Indonesia yang mengajar kelas VIII A MTs Nurul Ulum Jembayat, Kabupaten Tegal, keterampilan menulis teks berita yang dimiliki peserta didik kelas VIII A masih rendah. Hal ini disebabkan peserta didik kurang berminat dan kurang memberi respon yang baik. Selama ini pembelajaran menulis teks berita yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga proses interaksi menjadi monoton. Oleh karena itu, pembelajaran menulis teks berita menggunakan teknik pengamatan langsung yang bermuatan pendidikan karakter diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam menulis teks berita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran menulis teks berita, peningkatan keterampilan menulis teks berita, dan perubahan perilaku peserta didik kelas VIII A MTs Nurul Ulum Jembayat Kabupaten Tegal, setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan teknik pengamatan langsung yang bermuatan pendidikan karakter. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks berita, mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita, dan mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik kelas VIII A MTs Nurul Ulum Jembayat Kabupaten Tegal setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan teknik pengamatan langsung yang bermuatan pendidikan karakter. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru, peserta didik, dan peneliti lain. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas proses perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita peserta didik kelas VIII A MTs Nurul Ulum Jembayat Kabupaten Tegal. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A MTs Nurul Ulum Jembayat Kabupaten Tegal dengan jumlah 37 peserta didik. Teknik pengambilan data adalah dengan tes dan nontes berupa observasi, jurnal peserta didik, jurnal guru, jurnal wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa proses pembelajaran menulis teks berita berjalan baik dan lancar setelah adanya upaya perbaikan yang dilakukan dalam penelitian ini. Selain itu, hasil tes keterampilan menulis teks berita mengalami peningkatan dengan nilai tes prasiklus peserta didik dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata sebesar 50,9. Pada siklus I, hasil tes peserta didik rata-rata sebesar 61,5. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 84,1, sehingga terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus II sebesar 33,2. Adapun perilaku peserta didik mengalami perubahan ke arah yang positif. Hal tersebut diwujudkan dengan senangnya peserta didik mengikuti pembelajaran menulis teks berita, banyaknya peserta didik yang mengemukakan pendapat, dan motivasi peserta didik untuk dapat menulis teks berita. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis teks berita menggunakan teknik pengamatan langsung yang bermuatan pendidikan karakter telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita peserta didik kelas VIII A MTs Nurul Ulum Jembayat Kabupaten Tegal dan mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Saran untuk guru bahasa Indonesia agar menggunakan teknik pengamatan langsung yang bermuatan pendidikan karakter dalam pembelajaran menulis teks berita. Bagi peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian tindakan kelas lanjutan mengenai keterampilan menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teks berita, teknik pengamatan langsung, pendidikan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:11
Last Modified: 22 Aug 2016 18:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23607

Actions (login required)

View Item View Item