PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PARARREL WRITING MELALUI TEKNIK PENGIMAJIAN BENDA ABSTRAK PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PGRI KALIWUNGU KUDUS


Triliana Aryanti, 2101409004 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PARARREL WRITING MELALUI TEKNIK PENGIMAJIAN BENDA ABSTRAK PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PGRI KALIWUNGU KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101409004).pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa dan sastra Indonesia yang mengajar kelas X SMA PGRI Kaliwungu Kudus Kabupaten Kudus, keterampilan menulis puisi yang dimiliki peserta didik kelas X masih rendah. Hal ini disebabkan oleh ketidakpahaman peserta didik menyesuaikan isi puisi dengan tema. Peserta didik masih kesulitan dalam menentukan tema, diksi yang tidak sesuai dengan tema, rima yang kurang mendukung maksud dan suasana puisi, serta tipografi yang kurang tepat. Selama ini pembelajaran menulis puisi yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga proses interaksi menjadi monoton. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi adalah dengan pembelajaran menulis puisi menggunakan metode pararrel writing melalui teknik pengimajian benda abstrak yang diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam menulis puisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran menulis puisi, peningkatan keterampilan menulis puisi, dan perubahan perilaku peserta didik kelas X SMA PGRI Kaliwungu Kudus, setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan metode pararrel writing melalui teknik pengimajian benda abstrak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi, mendeskrisikan peningkatan keterampilan menulis puisi, dan mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik kelas X SMA PGRI Kaliwungu Kudus setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan metode pararrel writing melalui teknik pengimajian benda abstrak. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru, peserta didik, dan peneliti. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui dua tahap, yaitu siklus I, dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas proses perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi peserta didik kelas X SMA PGRI Kaliwungu Kudus. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA PGRI Kaliwungu Kudus dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik pengambilan data adalah dengan tes dan nontes berupa observasi, jurnal peserta didik, jurnal guru, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa proses pembelajaran menulis puisi berjalan baik dan lancar meskipun ada beberapa peserta didik yang kurang bisa mengikuti pembelajaran dengan baik tetapi dapat diatasi oleh peneliti. Selain itu, hasil tes keterampilan menulis puisi mengalami peningkatan. Pada siklus I, hasil tes peserta didik rata-rata sebesar 66,25. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 85,25, sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 19. Adapun perilaku peserta didik mengalami perubahan ke arah yang positif. Hal tersebut diwujudkan dengan senangnya peserta didik mengikuti pembelajaran menulis puisi, banyaknya peserta didik yang mengemukakan pendapat, dan motivasi peserta didik untuk dapat menulis puisi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis puisi menggunakan metode pararrel writing melalui teknik pengimajian benda absrak telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas X SMA PGRI Kaliwungu Kudus dan mengubah perilaku peserta didik kearah yang lebih positif. Saran untuk guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan metode pararrel writing melalui teknik pengimajian benda abstrak sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis puisi. Bagi peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian tindakan kelas lanjutan mengenai keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, metode pararrel writing, teknik pengimajian benda abstrak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:11
Last Modified: 22 Aug 2016 18:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23605

Actions (login required)

View Item View Item