PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK STRIP BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS II MI RIFAIYAH LIMPUNG BATANG

Edy Setiawan, 2101408027 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK STRIP BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS II MI RIFAIYAH LIMPUNG BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1412Kb)

    Abstract

    Keterampilan bercerita merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa SD. Di dalam kurikulum bahasa Indonesia, kompetensi ini menunjukkan bahwa penguasaan terhadap keterampilan bercerita sangat penting dan sangat diperlukan. Berdasarkan observasi awal, keterampilan bercerita siswa kelas II MI Rifaiyah Limpung masih kurang dan belum mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan oleh sekolah tersebut. Siswa mengalami kesulitan dalam bercerita di depan kelas. Dengan penggunaan media komik strip bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter diharapkan mampu mengatasi kesulitan-kesulitan siswa dan keterampilan bercerita dapat ditingkatkan serta menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa. Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu bagaimanakah kualitas pembelajaran keterampilan bercerita menggunakan media komik strip bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa kelas II MI Rifaiyah Limpung dan bagaimanakah peningkatan keterampilan bercerita menggunakan media komik strip bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa kelas II MI Rifaiyah Limpung serta perubahan perilakunya setelah dilakukan pembelajaran bercerita menggunakan media komik strip bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa kelas II MI Rifaiyah Limpung. Tujuan penelitian ini mendeskripsi kualitas pembelajaran keterampilan bercerita menggunakan media komik strip bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa kelas II MI Rifaiyah Limpung dan deskripsi peningkatan keterampilan bercerita menggunakan media komik strip bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa kelas II MI Rifaiyah Limpung serta mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah dilakukan pembelajaran bercerita menggunakan media komik strip bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini keterampilan bercerita yang dilaksanakan pada siswa kelas II MI Rifaiyah Limpung. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan bercerita dan media komik strip bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan bercerita siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II iii menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes bercerita dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan keterampilan bercerita pada siswa kelas II MI Rifaiyah Limpung setelah mengikuti pembelajaran bercerita menggunakan media komik strip bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 63,52 dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkanoleh peneliti sehingga dilakukan siklus II. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 15,89 atau sebesar 25,01% menjadi sebesar 79,41 dan berada dalam kategori sangat baik. Perilaku siswa kelas II MI Rifaiyah Limpung dalam pembelajaran bercerita menggunakan media komik strip bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter mengalami perubahan ke a rah positif. Perubahan perilaku tersebut dapat dilihat dari data nontes yang terdiri atas observasi, catatan harian siswa, catatan harian guru, wawancara dengan siswa, dan dokumentasi foto. Berdasarkan data hasil nontes siklus I mereka belum serius dalam pembelajaran bercerita, saat berlatih bercerita dalam satu kelompok masih ada siswa yang tidak serius, pada saat bercerita di depan kelas masih banyak siswa yang takut untuk maju bercerita di depan kelas. Pada siklus II siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih positif. Siswa menjadi serius dalam pembelajaran bercerita, siswa bersungguh-sungguh dalam berlatih bercerita dalam kelompok, dan siswa berani bercerita di depan kelas tanpa di tunjuk oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan yang dapat diambil adalah kualitas pembelajaran bercerita menggunakan media komik strip bermuatan nilainilai pendidikan karakter baik dan efektif karena mampu meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas II MI Rifaiyah Limpung Kabupaten Batang dan perubahan perilaku ke arah positif setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media komik strip bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyampaikan hasil kepada guru kelas MI Rifaiyah Limpung untuk menggunakan media komik strip bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter sebagai media pembelajaran bercerita. Bagi peneliti, disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan bercerita menggunakan media komik strip bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter yang berbeda dan lebih menarik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan bercerita, media komik strip bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 22 Aug 2016 14:11
    Last Modified: 22 Aug 2016 14:11

    Actions (login required)

    View Item