UPAYA MENINGKATKAN MINAT ANAK TERHADAP KEGIATAN MENGGUNTING BERBAGAI POLA PADA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK Hj. ISRIATI MOENADI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG


SITI NUR FADHILLAH, 1601910014 (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT ANAK TERHADAP KEGIATAN MENGGUNTING BERBAGAI POLA PADA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK Hj. ISRIATI MOENADI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601910014.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Taman Kanak-kanak merupakan suatu wadah pembinaan sebagai kesejahteraan terhadap anak dengan mengutamakan kegiatan bermain dan menyelenggarakan pendidikan pra sekolah bagi anak yang berusia sekurang-kurangnya 4 tahun sampai memasuki pendidikan dasar. Untuk itu sebagai seorang pendidik, kita harus mempunyai suatu metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta sesuai dengan tahapan usia anak. Observasi awal kelompok A1 terhadap kemampuan fisik motorik anak melalui kegiatan melalui kegiatan menggunting berbagai pola menunjukan hasil belajar anak belum maksimal, terlihat pencapaian hasil kemampuan fisik motorik menunjukkan 21,1% (4 anak dari 19 anak). Masalah penelitian ini adalah: Bagaimana upaya meningkatkan minat anak terhadap kegiatan menggunting dengan pola tertentu pada kelompok A1 di TK Hj. Isriati Moenadi Ungaran. Hasil penelitian menunjukkan upaya meningkatkan minat anak dalam kegiatan menggunting dengan pola yang disukai anak dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik anak pada kelompok A1. Terlihat dari siklus I aktivitas kegiatan anak sampai siklus II mengalami peningkatan rata-rata 30,3%. Hal tersebut menunjukkan kemajuan dalam menggunting berbagai pola. Adapun simpulan dari hasil penelitian ini adalah Kegiatan menggunting berbagai pola dapat meningkatkan minat anak.Hal ini dapat ditunjukkan dari analisis yang di dapatkan bahwa kemampuan anak dalam aspek motorik halus meningkat sebesar 94%. Aspek afektif meningkat sebesar 96%, dan aspek psikomotorik sebesar 96%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Kegiatan Menggunting Berbagai Pola di Kelompok A
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:12
Last Modified: 22 Aug 2016 18:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23598

Actions (login required)

View Item View Item