IMPLEMENTASI METODE TIME TOKEN DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DI TK TARBIYATUL BANIN II SALATIGA


Silma Amalina, 1601410032 (2014) IMPLEMENTASI METODE TIME TOKEN DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DI TK TARBIYATUL BANIN II SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601410032.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Metode Time token merupakan metode yang bertujuan agar masing-masing anggota mendapatkan kesempatan untuk memberikan konstribusi dalam menyampaikan pendapat mereka dan mendengarkan pandangan serta pemikiran anggota lain.Variabel dalam penelitian ini adalah varibel independent yaitu metode Time Token dan variabel dependent yang berupa kemampuan interaksi sosial anak. Populasi penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Kec. Sidorejo Salatiga. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 74 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive, kelas B2 dan B4 sebagai kelompok kontrol dan kelas B1 dan B3 sebagai kelompok eksperimen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan interaksi sosial anak setelah mendapatkan metode Time Token di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala kemampuan interaksi sosial anak dengan model skala Likert. Instrumen dikonsultasikan dengan para ahlinya (expert judgement) dan diujicobakan pada siswa di luar sampel. Uji reliabilitas menggunakan spss 16.0. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan perhitungan tersebut kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji beda menggunakan uji-t yaitu independent sampel t-test. Hasil uji-t skor tes menunjukkan bahwa nilai thitung 13,258 dan nilai p = 0,000. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan interaksi sosial anak yang signifikan berdasarkan penerapan metode time token. Hasil skala kemampuan interaksi sosial anak di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode time token, Kemampuan Interaksi sosial Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:09
Last Modified: 22 Aug 2016 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23596

Actions (login required)

View Item View Item