PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PENYELENGGARAAN PAUD PADA MASYARAKAT NELAYAN (Studi Kasus terhadap Lembaga PAUD di Masyarakat Nelayan Tanjungmas, Semarang)

Nur Khasanah, 1601409055 (2014) PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PENYELENGGARAAN PAUD PADA MASYARAKAT NELAYAN (Studi Kasus terhadap Lembaga PAUD di Masyarakat Nelayan Tanjungmas, Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2789Kb)

    Abstract

    Partisipasi orangtua dalam penyelengaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) seharusnya terjadi di seluruh lembaga penyelenggaraan pendidikan di seluruh kawasan Indonesia, tidak terkecuali di lembaga layanan pendidikan untuk anak usia dini yang terletak di kawasan pesisir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi partisipasi orangtua dalam penyelenggaraan PAUD pada masyarakat nelayan Kelurahan Tanjungmas, mengetahui bentuk-bentuk partisipasi orangtua dalam penyelengaraan PAUD pada masyarakat nelayan di Kelurahan Tanjungmas, dan mengetahui faktor-faktor penunjang atau penghambat partisipasi orangtua dalam penyelengaraan PAUD pada masyarakat nelayan Kelurahan Tanjungmas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Subjek penelitian yang menjadi sumber data adalah: orangtua, guru, kepala sekolah dan masyarakat sekitar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif menurut Miles dan Hurberman. Berdasarkan hasil dalam penelitian ini, partisipasi orangtua dalam penyelengaraan PAUD pada masyarakat nelayan masih sederhana. Forum komunikasi antar orangtua, sekolah maupun masyarakat semacam komite sekolah belum ada. Orangtua tidak dilibatkan dalam menentukan kebijakan sekolah, dan orangtua belum menganggap hal ini adalah bagian dari perannya. Bentuk partisipasi orangtua masih sederhana sebatas pembayaran iuran bulanan, selebihnya hanya mengingatkan pada anak ketika ada tugas rumah. Pemahaman orangtua dalam pendidikan anak belum memadai, sehingga pemahaman akan pentingnya partisipasi langsung dari orangtua belum menjadi kebutuhan. Selain itu, PAUD masyarakat nelayan pada umumnya belum sepenuhnya memahami urgensi penyelenggaraan PAUD.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Partisipasi Orangtua, Penyelenggaraan PAUD, Masyarakat Nelayan
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 22 Aug 2016 14:09
    Last Modified: 22 Aug 2016 14:09

    Actions (login required)

    View Item