STRATEGI PEMBELAJARAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB-TK SITI SULAECHAH 04 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Pramitha Adityasari , 1601409047 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB-TK SITI SULAECHAH 04 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2409Kb)

    Abstract

    Anak usia 4-5 tahun berada pada tahap the fairy tale stage, yaitu dalam menghayati nilai keagamaan masih dipengaruhi oleh fantasi dan emosi mereka. KB-TK Siti Sulaechah 04 Semarang merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang concern dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada anak didiknya. Aspek perkembangan nilai agama anak berkembang dengan baik. Guru memberikan bimbingan dan latihan keagamaan melalui kegiatan pembelajaran dengan melakukan strategi-strategi agar dapat mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan strategi pembelajaran nilai-nilai agama Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diukur dengan menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Analisis data dilakukan secara interaktif dan terus menerus hingga datanya jenuh, yaitu dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran nilai-nilai agama Islam yang dilakukan di KB-TK Siti Sulaechah 04 Semarang meliputi perencanaan pembelajaran, strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi pengelolaan. Perencanaan pembelajaran yang disusun meliputi Prota, Promes, RKM, dan RKH. Strategi pengorganisasian, meliputi sequencing dan synthesizing. Strategi penyampaian, yaitu guru menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran, serta melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan model klasikal dan individu. Strategi pengelolaan, yaitu guru menggunakan metode pembelajaran, membuat penilaian, dan memberikan motivasi. Guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran nilai-nilai agama Islam dipengaruhi oleh enam faktor, yaitu perkembangan anak, TPP/indikator, bahan ajar atau materi, waktu, keadaan prasarana belajar, serta kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, nilai-nilai agama Islam, anak usia dini
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
    B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 22 Aug 2016 14:11
    Last Modified: 22 Aug 2016 14:11

    Actions (login required)

    View Item