PEMETAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI


SRI WAHYUNI , 1601409046 (2014) PEMETAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601409046.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pengembangan kurikulum bukanlah proses yang dapat berlangsung instan. Kemampuan, kerja keras, dan kreativitas merupakan beberapa faktor yang dibutuhkan untuk mendorong terwujudnya hasil pengembangan kurikulum yang optimal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pemetaan kompetensi pedagogik guru TK dalam mengembangkan kurikulum PAUD dan perbedaan kompetensi pendidik dalam mengembangkan kurikulum berdasarkan tingkat pendidikan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kompetensi guru TK dalam mengembangkan kurikulum PAUD dan perbedaannya berdasarkan tingkat pendidikan pendidik. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Lokasi yang dijadikan penelitian adalah Taman Kanak-kanak baik formal/informal yang berada di kecamatan Margoyoso kabupaten Pati. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 105 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Porpotionate Stratified Random Sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner atau angket. Hasil analisis deskriptif menunjukan sebagian besar guru memiliki kompetensi dalam mengembangkan kurikulum yang tergolong sedang, yaitu 65 orang (61,9 %) berada dalam kategori sedang dan 40 orang (38,1 %) berada dalam kategori tinggi. Terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi guru TK lulusan S1/D4 dengan SMA (p=0.000) dan guru TK lulusan D1/D2/D3 dengan SMA (p=0.000), sedangkan kompetensi guru TK lulusan S1/D4 dengan D1/D2/D3 tidak memiliki perbedaan yang jauh (p=0,928). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Kompetensi pedagogik guru TK dalam mengembangkan kurikulum PAUD di kecamatan Margoyoso berada di kategori sedang (61,9%) dan terdapat perbedaan yang signifikan antara guru TK lulusan SMA dengan D1/D2/D3 dan S1/D4. Namun, tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi guru TK lulusan D1/D2/D3 dan S1/D4. Saran yang diberikan: kepada para pendidik lembaga PAUD di kecamatan Margoyoso kabupaten Pati hendaknya lebih meningkatkan kompetensinya dalam mengembangkan kurikulum PAUD dan lebih meningkatkan tingkat pendidikan agar memenuhi standar kualifikasi guru TK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru TK, Mengembangkan Kurikulum PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:09
Last Modified: 22 Aug 2016 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23589

Actions (login required)

View Item View Item