PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM LAYANAN POSYANDU BERBASIS MASYARAKAT TERHADAP PERTUMBUHAN BALITA(DIDESA MERGOWATI KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG)


Deasy Hanura Estuti , 1601409037 (2014) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM LAYANAN POSYANDU BERBASIS MASYARAKAT TERHADAP PERTUMBUHAN BALITA(DIDESA MERGOWATI KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601409037.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Partisipasi masyarakat adalah suatu proses sosial anggota kelompok masyarakat mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhannya, mengambil keputusan dan menetapkan mekanisme untuk memenuhi kebutuhannya. Partisipasi masyarakat umumnya dipandang sebagai suatu bentuk perilaku kesehatan adalah partisipasi ibu balita dalam program posyandu. Posyandu merupakan bentuk layanan terpadu yang diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan program-program kerja dari instansi terkait untuk kemudian memperoleh layanan kesehatan dasar, penurunan angka kematiaan ibu dan anak dan untuk pencapaian Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (KKBS). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui layanan posyandu di Desa Mergowati, mengetahui partisipasi masyarakat peserta posyandu di Desa Mergowati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan penelitian adalah ibu-ibu balita di Posyandu Desa Mergowati, kader dan bidan Desa Mergowati. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian menggunakan tringulasi sumber, teknik, waktu, analisis data dengan mereduksi data dan kemudian disimpulkan. Hasil penelitian partisipasi masyarakat peserta posyandu di Desa Mergowati sudah baik terbukti sudah banyak warga khususnya ibu balita yang dalam kegiatan posyandu. Warga sudah mulai sadar dengan pentingnya menimbangkan balita ke posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan kesehatan balita selain itu warga juga sudah mulai sadar akan pentingnya menjaga kebersihan rumah dan lingkungan. layanan posyandu di Desa Mergowati sudah baik dengan srata posyandu mandiri. Tingkat keberhasilan posyandu di Desa Mergowati sudah dapat dikatakan baik dan tidak ditemukan adanya anak yang mengalami timbangan rendah dan timbangan dibawah garis merah (BGM). Kegiatan posyandu sudah rutin dilaksanakan setiap bulannya, kegiatan 5 meja terlaksana dengan berkesinambungan. Kinerja kader dan bidan yang bertugas di posyandu sudah dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan dapat bekerjasama dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Posyandu
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:09
Last Modified: 22 Aug 2016 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23587

Actions (login required)

View Item View Item