PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN LIMBAH KARDUS UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP MATEMATIKA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN ( STUDI EKSPERIMEN DI TK TAMAN INDRIA SEMARANG)

HESTI HAYUNINGTYAS, 1601409036 (2014) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN LIMBAH KARDUS UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP MATEMATIKA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN ( STUDI EKSPERIMEN DI TK TAMAN INDRIA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (9Mb)

    Abstract

    Pembelajaran erat kaitannya dengan interaksi antar guru dengan murid dan sumber belajar. Sumber belajar seringkali digunakan oleh guru untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Pengenalan konsep matematika permulaan harus diberikan sejak usia dini. Salah satu cara untuk mengembangkan konsep matematika permulaan pada anak adalah melalui pembelajaran di sekolah. Pembelajaran di sekolah yang berada di lingkungan masyarakat adalah wahana yang efektif untuk mengenalkan konsep matematika permulaan. Penelitian ini jenis penelitian eksperimen pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, terambil dua sampel yaitu TK Taman Indria sebagai kelompok eksperimen dan TK PGRI 02 Mlatiharjo 1 sebagai kelompok kontrol. Uji t paired antara pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai significant (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikant, sedangkan uji t paired antara pretest dan posttest kelompok kontrol menghasilkan nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,018 yang berarti tidak terdapat peningkatan yang signifikan. Hasil uji t paired posttest kelompok kontrol dan eksperimen adalah ada perbedaan yang signifikan karena memiliki nilai Significant (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Ada peningkatan konsep matematika permulaan anak pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan sumber belajar dengan limbah kardus dan terlihat meningkat pemahaman konsep matematika permulaan anak pada kelompok kontrol dan eksperimen setelah diberikan perlakuan. Maka sumber belajar dengan limbah kardus efektif untuk mengembangkan konsep matematika permulaan pada anak usia 5-6 tahun. Sekolah sebagai sarana pendidikan harus memberikan sumber belajar atau literatur lain untuk mengembangkan konsep matematika permulaan sehingga anak mendapatkan konsep matematika permulaan yang lebih baik lagi dan akan lebih meningkat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Limbah Kardus, Matematika Permulaan, Anak Usia 5-6 Tahun, Learning source, Cardboard Waste, Basic Mathematics, 4-5 years-old children
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 22 Aug 2016 14:09
    Last Modified: 22 Aug 2016 14:09

    Actions (login required)

    View Item