NILAI KONSUMSI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Novina Puspita Sari, 1550407013 (2014) NILAI KONSUMSI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1550407013.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Seseorang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas konsumsi karena seseorang membutuhkan produk dan jasa guna memenuhi kebutuhan mereka, akan tetapi apabila dilakukan secara berlebihan dapat mengindikasikan sebagai suatu perilaku yang merugikan. Pada dasarnya masyarakat saat ini mengkonsumsi barang dan jasa bukan karena kebutuhan lagi namun untuk memenuhi kesenangan mereka. Niat konsumen dalam pembelian suatu produk dipengaruhi oleh nilai konsumsi, alasan dan motivasi yang mendasari perilaku konsumen dalam pembelian barang atau jasa dapat dijelaskan oleh nilai-nilai konsumsi. Nilai konsumsi adalah pedoman konsumen sesuai dengan apa yang dirasakan mengenai pentingnya suatu produk atau jasa pada saat melakukan aktifitas pembelian guna memenuhi kebutuhan hidup. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nilai konsumsi pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 100 mahasiswa psikologi berjenis kelamin perempuan dan 100 mahasiswa psikologi yang berjenis kelamin laki-laki. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel kuota. Nilai konsumsi diukur dengan skala nilai konsumsi. Validitas dan reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan SPSS 16. Analisis validitas menggunakan product moment dimana instrumen dinyatakan valid dengan koefisien validitas tertinggi sebesar 0,692 dan terendah sebesar 0,298. Analisis reliabilitas menggunakan koefisien, dalam penelitian nilai koefisien reliabilitas skala nilai konsumsi adalah 0,903. Hasil penelitian menggambarkan bahwa nilai konsumsi mahasiswa berdasarkan aspek fungsional tergolong tinggi dengan presentase 65,00%, aspek sosial tergolong sedang dengan presentase 58,50%, aspek emosional tergolong sedang dengan presentase 53,00%, aspek epistemik tergolong tinggi dengan presentase 66,50%, dan aspek kondisional tergolong sedang dengan presentase 53,00%. Dari kelima aspek nilai konsumsi tersebut, aspek nilai epistemik yang berada dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nilai konsumsi pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Semarang
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:58
Last Modified: 20 Jul 2016 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23580

Actions (login required)

View Item View Item