TINGKAT KECEMASAN WANITA DEWASA MADYA TIDAK BEKERJA YANG MENGALAMI EMPTY NEST (Penelitian Deskriptif di Kota Semarang Tahun 2014)

Eriyalita Ristaningtyas .P, 1511410077 (2014) TINGKAT KECEMASAN WANITA DEWASA MADYA TIDAK BEKERJA YANG MENGALAMI EMPTY NEST (Penelitian Deskriptif di Kota Semarang Tahun 2014). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (3291Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena gejala kecemasan wanita dewasa madya tidak bekerja ketika mengalami periode empty nest. Kurangnya aktivitas atau kegiatan yang dilakukan dalam kesehariannya cenderung membuat mereka merasakan kejenuhan sehingga timbul kecemasan saat anak – anak telah jauh dari kehidupannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil tingkat kecemasan wanita dewasa madya tidak bekerja yang mengalami empty nest. Penelitian ini melibatkan wanita dewasa madya yang tidak bekerja di Kota Semarang. Sampel yang diambil berjumlah 87 subjek wanita dewasa madya yang sedang menjalani periode empty nest dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala kecemasan. Pada skala kecemasan dihasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0,919 dan dari 65 item didapatkan 54 item valid yang digunakan untuk data penelitian dengan nilai validitas item 0,090 – 0,178. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan wanita dewasa madya tidak bekerja yang mengalami empty nest di Kota Semarang tergolong berada pada kategori sedang dengan perolehan mean empiris sebesar 134, 6092. Hal ini berarti wanita dewasa madya sudah dapat mengelola emosi atau perasaan dengan baik ketika mereka sedang menjalani periode empty nest pada masa perkembangannya. Profil tingkat kecemasan wanita dewasa madya tidak bekerja yang mengalami empty nest banyak dialami oleh subjek yang berada pada usia dewasa madya awal, memiliki pendidikan terakhir SMA, anak telah meninggalkan rumah selama dua tahun, hanya memiliki dua orang anak, subjek yang tidak memiliki aktivitas, anak meninggalkan rumah dengan alasan pendidikan dan jarak domisili anak masih dalam satu pulau dengan orang tuanya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kecemasan, wanita Dewasa Madya, empty nest.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:17
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:17

    Actions (login required)

    View Item