PENGARUH INFORMASI AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN

Anggraini Trisna Dewi, 1511410041 (2014) PENGARUH INFORMASI AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1778Kb)

    Abstract

    Keputusan pembelian merupakan tahap proses keputusan dimana konsumen secara aktual melakukan pembelian produk. Keputusan pembelian merupakan salah satu komponen utama dari perilaku konsumen. Suatu keputusan melibatkan pilihan di antara dua atau lebih alternatif tindakan (atau perilaku). Proses keputusan membeli konsumen oleh perusahaan selaku produsen sebegitu penting dan perlu diperhatikan lebih lanjut. Hal ini menuntut para pelaku bisnis untuk menjalankan usahanya dengan semakin bertanggung jawab. Pelaku bisnis tidak hanya dituntut untuk memperoleh keuntungan lapangan usahannya, melainkan diminta untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sosialnya. Perubahan pada tingkat kesadaran konsumen memnunculkan kesadaran baru tentang pentingnya melaksanakan apa yang kita kenal Corporate Social Responsibility atau (CSR). tidak hanya menonjolkan produk yang telah dibuat namun tanggung jawab sosial dari perusahaan tersebut juga patut untuk ditampilkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh informasi aktivitas corporate social responsibility terhadap keputusan membeli. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas negeri semarang dan subjek yang digunakan sebanyak 70 orang. jenis sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan random, dimana subjek atau responden yang diambil menurut kriteria yang dibutuhkan peneliti kemudian diambil secara acak. alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T dan Anova. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa informasi aktivitas corporate social responsibility berpengaruh terhadap keputusan membeli pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Tidak ada pengaruh keputusan membeli ditinjau dari aspek rasional dan aspek emosional. Tidak ada pengaruh keputusan membeli ditinjau dari jenis kelamin pada aspek emosional dan aspek rasional.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keputusan membeli, Corporate Social Responsibility
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:03
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:03

    Actions (login required)

    View Item