PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PETUNJUK MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MULTIMEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 06 SEMARANG


Edita Rosana, 1401410398 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PETUNJUK MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MULTIMEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 06 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401410398.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi prasiklus diperoleh permasalahan bahwa pembelajaran menulis petunjuk pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang belum optimal. Permasalahan tersebut yaitu guru tidak memberikan peragaan dan kurang memberikan pencontohan konkret, dan pembelajaran yang dilakukan kurang sistematis. Selain itu, siswa kurang aktif dalam bertanya dan menanggapi pertanyaan karena media yang digunakan guru kurang menarik dan kurang beragam. Hal ini berdampak pada hasil keterampilan menulis petunjuk siswa rendah dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 41% dengan rata-rata kelas 63. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis petunjuk melalui penerapan pendekatan saintifik dengan metode demonstrasi berbantuan multimedia power point pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang? Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus satu pertemuan dan dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan guru pada siklus pertama memperoleh skor 32 dengan kategori sangat baik, meningkat pada siklus kedua sebesar 35 dengan kategori sangat baik, meningkat pada siklus ketiga sebesar 38 dengan kategori sangat baik; (2) aktivitas siswa pada siklus pertama sebesar 15,3 dengan kategori cukup; meningkat pada siklus kedua sebesar 18,36 dengan kategori baik; meningkat pada siklus ketiga sebesar 19,18 dengan kategori sangat baik; (3) keterampilan menulis petunjuk pada siklus pertama memperoleh skor rata- rata kelas 70 dengan pesentase ketuntasan 67%, meningkat pada siklus kedua 78 dengan pesentase ketuntasan 79%, meningkat pada siklus ketiga 81 dengan persentase ketuntasan 85%. Simpulan penelitian adalah melalui metode demonstrasi berbantuan multimedia powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis petunjuk. Saran dari peneliti yaitu agar guru menerapkan metode demonstrasi berbantuan multimedia power point untuk meningkatkan keterampilan menulis petunjuk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: demonstrasi, petunjuk, power point
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:14
Last Modified: 20 Jul 2016 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23565

Actions (login required)

View Item View Item