STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN PBL TERHADAP AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN WATES 01 SEMARANG

IKA SARI LISTIYOWATI, 1401410397 (2014) STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN PBL TERHADAP AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN WATES 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (6Mb)

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini ditemukan permasalahan dalam pembelajaran diantaranya guru belum menggunakan metode pembelajaran inovatif, masih menggunakan metode ceramah dengan pendekatan teacher-centered. Guru belum menumbuhkan partisipasi, kerjasamadan kompetisi diantara siswa. Siswa kurang tertarik dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.Hal ini yang menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS kelas VA dan VB SDN Wates 01 Semarag. Jenis penelitian ini adalah penelitian Komparasi,design penelitian adalah Pretest-Posttest Comparations Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Sampel penelitian adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen I berjumlah 37 menerapka model STAD dan VB sebagai kelas eksperimen II berjumlah 37 menerapkan model PBL. Kedua kelas dilakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal. Setelah dilakukan tiga kali pembelajaran kedua kelas diberikan posttsest.Hasil posttest di uji statistik melalui program SPSS versi 18 yaitu untuk menentukan apakah terdapat perbedaan signifikan antara model STAD dan PBL terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa rata-rata nilai aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menerapkan model STADsebesar 73,0% kriteria baik. Sementara rata-rata nilai aktivitas siswa pada kelas eksperimen II yang menerapkan model PBL sebesar 69%kriteria baik.Nilai rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen I lebih tinggi dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen II.hal ini membuktikan bahwa lebih tingginya aktivitas belajar siswa pada kelas yang menerapkan modelSTAD. Hasil posttest menunjukkan, pada analisis hipotesis uji perbedaan dua rata-ratamenggunakan uji-t pada kedua kelas, Hasil dari perhitungan SPSS thitung = 3,349 > ttabel 1,666 berarti terima Ha artinya nilai rata-rata hasil posttest kelas VA dengan menerapkan model STAD lebih baik dari nilai postest kelas VB setelah menerapkan model pembelajaran PBL. Simpulan penelitian adalah model pembelajaran STAD lebih efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas VA SDN Wates 01 Semarang dari pada model pembelajaran PBL.Saran untuk perbaikan yaitu guru hendaknya mampu mengelola pembelajaran dengan baik sehingga kendala maupun gangguan yang terjadi selama proses pembelajaran dapat segera teratasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model STAD, model PBL, aktivitas siswa dan hasil belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:17
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:17

    Actions (login required)

    View Item