UPAYA MENINGKATKAN SELF EFFICACY RENDAH TERHADAP PEMILIHAN KARIR DENGAN KONSELING BEHAVIOUR TEKNIK MODELING SIMBOLIK PADA SISWA KELAS VIII E DI SMPN N 6 BATANG


Ika Putri Kanthi Lestari, 1301407054 (2014) UPAYA MENINGKATKAN SELF EFFICACY RENDAH TERHADAP PEMILIHAN KARIR DENGAN KONSELING BEHAVIOUR TEKNIK MODELING SIMBOLIK PADA SISWA KELAS VIII E DI SMPN N 6 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301407054.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Self efficacy adalah keyakinan dari dalam diri seseorang terhadap kemampuan dirinya untuk mengatur dan melakukan tindakan agar mencapai hasil yang diinginkannya. Permasalahan self efficacy rendah terhadap pemilihan karir menjadi sesuatu hal yang serius karena hal ini berkaitan dengan masa depan dan cita – cita siswa. Penelitian ini menggunakan layanan konseling individu behaviour teknik modeling simbolik untuk meningkatkan self efficacy rendah terhadap pemilihan karir pada siswa kelas VIII E di SMP N 6 Batang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat self efficacy rendah terhadap pemilihan karir sebelum dan sesudah diberikan konseling individu behaviour teknik modeling simbolik. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII E di SMP N 6 Batang sebanyak 38. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan mengambil kelas VIII E dan teknik purposive sampling sebanyak 6 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Validitas instrument menggunakan rumus product moment dengan taraf signifikasi 5% ( = 0,344 ). Reliabiltas instrument menggunakan rumus alpha dan menunjukkan = 0,88 yang berarti instrument yang digunakan reliable. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon match pairs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 6 orang siswa yang menjadi sampel penelitian memiliki presentase tingkat self efficacy 52,25% ( kategori rendah ) sebelum memperoleh layanan konseling behaviour teknik modeling simbolik. Setelah memperoleh layanan konseling behaviour teknik modeling simbolik, presentase rata – rata tingkat self efficacy terhadap pemilihan karir menjadi 72,25 % ( kategori tinggi ). Terdapat perbedaan tingkat self efficacy terhadap pemilihan karir sebelum dan sesudah memperoleh konseling behaviour teknik modeling simbolik. Secara keseluruhan, self efficacy terhadap pemilihan karir meningkat 20,5 %. Berdasarkan tabel bantu uji wilcoxon match pairs thitung = O < t tabel = 8 Simpulan yang dapat diambil yaitu self efficacy rendah terhadap pemilihan karir pada siswa kelas VIII E di SMP N 6 Batang dapat ditingkatkan dengan konseling behaviour teknik modeling simbolik. Saran dari peneliti untuk klien adalah klien dapat lebih meningkatkan potensi dirinya dan meningkatkan self efficacy yang dimilikinya, untuk konselor sekolah diharapkan dapat menggunakan konseling individu untuk mengatasi masalah klien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: self efficacy rendah terhadap pemilihan karir, konseling behaviour teknik modeling simbolik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:12
Last Modified: 22 Aug 2016 18:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23561

Actions (login required)

View Item View Item