PARTISIPASI PEMUDA DALAM PROGRAM KARANG TARUNA DESA (Studi pada Pemuda di Dusun Kupang Kidul Desa Kupang Kecamatan Ambarawa)

NURUL SAWITRI, 1201410043 (2014) PARTISIPASI PEMUDA DALAM PROGRAM KARANG TARUNA DESA (Studi pada Pemuda di Dusun Kupang Kidul Desa Kupang Kecamatan Ambarawa). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (5Mb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) partisipasi pemuda dalam program Karang Taruna desa dilihat aspek pengelolaan program, 2) faktor penghambat dan pendukung partisipasi pemuda dalam program Karang Taruna desa. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui partisipasi pemuda dalam program Karang Taruna desa dilihat aspek pengelolaan program, 2) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung partisipasi pemuda dalam program Karang Taruna desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 8 orang yakni 1 ketua Karang Taruna, 6 pemuda dusun Kupang Kidul dan 1 tokoh masyarakat. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu triangulasi sumber. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dengan tahap sebagai berikut pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah (1) partisipasi pemuda dalam program Karang Taruna desa dilihat aspek pengelolaan program menggunakan tiga tahap partisipasi, yaitu partisipasi dalam perencanaan; partisipasi dalam pelaksanaan dan partisipasi dalam pemanfaatan; (2) faktor yang menghambat partisipasi pemuda dalam program Karang Taruna yaitu keterbatasan waktu dari individu dan rasa kurang percaya diri untuk menyalurkan potensi yang dimiliki. Sedangkan faktor yang mendukung yaitu individu mempunyai kesadaran atau jiwa bersosial yang tinggi untuk membangun masyarakat melalui program Karang Taruna. Simpulan dan saran yang disampaikan : partisipasi pemuda dalam program Karang Taruna desa di dusun Kupang Kidul sudah baik dapat dibuktikan dalam pelaksanaan program di setiap bidangnya, diantaranya di bidang pendidikan meliputi Bimbel (Bimbingan Belajar), Taman Pendidikan Alquran (TPA), Sekolah Minggu, sosialisasi pemuda dan remaja; di bidang keagamaan seperti memperingati Hari Besar; di bidang olahraga meliputi olahraga futsal dan badminton; di bidang kesenian meliputi seni reog, seni rebana, kelompok tari dan grup band; di bidang kewirausahaan seperti koperasi simpan pinjam dan di bidang sosial seperti kegiatan aksi sosial. Namun, partisipasi pemuda juga harus lebih ditingkatkan lagi dalam melaksanakan program Karang Taruna dengan cara menumbuhkan rasa tanggung jawab kepada anggota Karang Taruna, ketua Karang Taruna memberikan tugas kepada anggotanya seperti melaporkan hasil program kegiatan agar bisa dilaporkan disetiap pertemuan, pengurus Karang Taruna memberikan inovasi berupa kegiatan yang menarik minat pemuda dan remaja sehingga tujuan mengembangkan masyarakat berhasil dengan baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Pemuda, Karang Taruna
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 20 Jul 2016 13:59
    Last Modified: 20 Jul 2016 13:59

    Actions (login required)

    View Item