PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN DESA WISATA MELALUI BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN KANDRI KOTA SEMARANG

Laela Hajaroh, 1201410042 (2014) PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN DESA WISATA MELALUI BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN KANDRI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2179Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatar belakangi atas tingginya angka kemiskinan di Indonesia. Pemberdayaan masyarakat yang merupakan salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan, melalui PNPM Mandiri Pariwisata pemerintah berharap bisa mengentaskan kemiskinan. BKM merupakan lembaga yang akan menjadi penyambung lidah antara masyarakat dengan PNPM. KSM merupakan kelompok swadaya masyarakat yang akan melaksanakan program dari PNPM. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Seperti apa profil BKM Langgeng Joyo, 2) Partisipasi anggota KSM dalam mengembangkan desa wisata, dan 3) faktor pendukung dan penghambat program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari dua orang anggota BKM, satu pengelola PNPM Mandiri Pariwisata, dan tiga orang penerima manfaat. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian yakni; 1) BKM “Langgeng Joyo” beranggotakan 9 orang yang dipilih langsung oleh masyarakat dan bertujuan untuk memberdayakan masyarakat miskin yang ada di Kelurahan Kandri dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik di bidang sosial, ekonomi, lingkungan, dan juga dibidang pariwisata. 2) Bentuk program PNPM Mandiri Pariwisata dalam memberdayakan masyarakat dilaksanakan melalui KSM yang dibuat oleh masyarakat. Pada tahun pertamanya, KSM yang telah dibentuk adalah KSM Griya Asri, KSM Catur Langgeng Budaya, dan KSM Pandu Wisata Jaya. Keseluruhan program yang dilaksanakan oleh KSM merupakan paritisipasi aktif dari masyarakat. 3) Faktor pendukung dan penghambat program berasal dari intern dan ekstern, faktor intern meliputi motivasi untuk berpartisipasi, sedangkan faktor ekstern yakni perkembangan zaman dan juga adanya pro dan kontra di masyarakat. Saran yang disampaikan adalah BKM “Langgeng Joyo” untuk lebih bisa memberikan motivasi kepada masyarakat yang sampai saat ini masih apatis dengan program PNPM Mandiri. KSM bidang pariwisata yang telah berjalan diharapkan bisa lebih memperluas jaringan atau kemitraan dengan pihak luar agar bisa digunakan sebagai salah satu alternatif promosi desa wisata Kandri. BKM juga diharapkan bisa segera menyelesaikan masalah urgen agar pemanfaatan program bisa lebih terasa secara keseluruhan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: BKM,KSM
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 20 Jul 2016 13:58
    Last Modified: 20 Jul 2016 13:58

    Actions (login required)

    View Item