PROSES PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA (Studi Pada Dua Mitra Binaan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna Karya Mandiri Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan)

BINTA GUNAWAN , 1201410035 (2014) PROSES PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA (Studi Pada Dua Mitra Binaan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna Karya Mandiri Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2799Kb)

    Abstract

    Era industrialisasi memberikan dampak yang besar bagi UKM terutama di Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan, perlu adanya upaya memberikan daya saing UKM melalui peningkatan kualitas serta kuantitas produk, salah satunya melalui penerapan TTG, maka didirikanlah Posyantek Karya Mandiri untuk menfasilitasi dan memberdayakan UKM dan masyarakat setempat melalui pengelolaan sumber daya lokal dan TTG. Tujuan penelitian ini meliputi : (1) untuk mendeskrisikan proses pemberdayaan melalui penerapan TTG pada dua UKM di Posyantek Karya Mandiri Kecamatan Tegowanu, (2) untuk mendeskripsikan apa yang di dapat dua UKM dengan adanya program pemberdayaan melalui penerapan TTG. Penelitian dilakukan di Posyantek Karya Mandiri Kecamatan Tegowanu dengan pendekatan kualitatif. Subjek yaitu 3 orang, terdiri dari pengurus Posyantek Karya Mandiri dan 2 UKM binaan yaitu Reedja Production dan home industry Mulya Indah. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dengan metode triangulasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah mendiskripsikan tahap-tahap dan yang mendiskripsikan apa yang didapat UKM dengan adanya pemberdayaan melalui penerapan TTG. Temuan penelitian ini adalah Pertama: proses penyelenggaraan pemberdayaan melalui penerapan TTG pada dua UKM sangat efektif dan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan, di dalam proses evaluasi hasil pembelajaran secara kognitif, afektif dan psikomotorik berpengaruh terhadap kemampuan menggunakan TTG, yang selanjutnya diterapkan dalam proses produksi dua UKM.Kedua : Yang didapat UKM setelah penerapan TTG, (1) dapat mengefisiensikan cara dan proses Produksi dan menghemat ongkos produksi, (2) dapat memperbaiki hasil kualitas produk, (3) dapat mengembangkan dan membuat beberapa inovasi produk baru, (4) dengan penerapan TTG membuat kualitas produk menjadi bagus sehingga meningkatkan keunggulan daya saing dan memperluas pemasaran, (5) dapat meningakatkan kuantitas produksi UKM, (6) meningkatkan omset UKM, (7) berdampak pada sosial yaitu menambah tenaga kerja dan lebih produk dikenal, (8) dampak ekonomi, meningkatkan pendapatan pengurus dan karyawan UKM. Saran, kepada posyantek karya mandiri, untuk pemilihan sasaran TTG, hendaknya dipilih UKM atau kelompok masyarakat yang paling membutuhkan, sesuai dengan potensi setempat dan prospek kedepan, kepada Ditjen PMD diharapkan memberikan keterampilan lagi pada pengurus posyantek dalam hal pengelolaan lembaga, dan keterampilan menggunakan TTG sesuai potensi sumber daya lokal di kecamatan Tegowanu, kepada UKM dan masyarakat, lebih berpartisipasi dalam hal pengelolaan posyantek yang berguna untuk wadah masyarakat dalam hal pengelolaan sumber daya lokal dan TTG.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; UKM; TTG
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    L Education > LC Special aspects of education
    T Technology > TX Home economics
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:16
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:16

    Actions (login required)

    View Item