INTERAKSI SOSIAL ANAK-ANAK MUCIKARI DENGAN TEMAN SEBAYA DISEKITAR LINGKUNGAN LOKALISASI SUNAN KUNING KALIBANTENG SEMARANG

Tri Wicaksono, 1201410026 (2014) INTERAKSI SOSIAL ANAK-ANAK MUCIKARI DENGAN TEMAN SEBAYA DISEKITAR LINGKUNGAN LOKALISASI SUNAN KUNING KALIBANTENG SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2149Kb)

    Abstract

    Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Menganalisis dan mendeskripsikan pola interaksi sosial anak-anak Mucikari dengan teman sebaya, (2) Mendeskripsikan proses interaksi anak-anak Mucikari dengan teman sebaya, (3) Mengidentifikasi dan mendeskripsikan karakteristik sosial psikologis anak-anak Mucikari dengan teman sebaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 3 Mucikari dan 2 orang warga yang sama-sama mempunyai anak. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu trianggulasi. Teknik penganalisisan data yag digunakan yaitu dengan (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pola interaksi yang terjadi antara anak-anak Mucikari dengan teman sebaya sudah berjalan dengan baik, di antara mereka tidak ada pertentangan ataupun persaingan yang berarti. (2) Proses interaksi sosial anak-anak Mucikari dengan teman sebaya juga sudah berjalan dengan baik, mereka dapat melakukan kontak sosial dan komunikasi sosial yang baik tanpa ada rasa kesulitan dalam berkomunikasi dengan teman sebaya. (3) karakteristik sosial anak-anak Mucikari yang meliputi perkembangan (IQ) dan perkembangan (EQ) rata-rata dari anak-anak Mucikari juga baik, mereka termasuk anak-anak yang pandai dan karakteristik kelompok teman sebaya yang ada, kelompok yang mereka bentuk masuk ke dalam tipe kelompok sebaya informal dan model kelompok yang dipakai adalah model kelompok multi. Simpulan dalam penelitian ini adalah pola interaksi yang terjadi antara anak-anak Mucikari dengan teman sebaya sudah berjalan baik, tidak ada masalah-masalah yang berarti, selaian itu di antara mereka juga jarang terjadi persaingan, pertentangan atau konflik. Poses interaksi sosial yang terjadi antara anak-anak Mucikari dengan teman sebaya yang meliputi kontak sosial dan komunikasi sosial juga sudah berjalan dengan baik karena di antara mereka dapat saling menghargai, menghormati dan saling membantu antar satu sama lainnya. Karakteristik sosial psikologis anak-anak Mucikari dengan teman sebaya termasuk baik mereka memiliki kecerdasan kognitif yang cukup selain itu dalam kelompok teman sebaya mereka dapat menentukan kelompok mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan mereka. Saran dalam penelitian ini, bagi ibu-ibu yang bekerja sebagai Mucikari dan membawa anaknya di lokalisasi alangkah baiknya agar menitipkan anak-anaknya di kost.an dan tidak membawanya saat bekerja, bagi ibu-ibu warga sekitar harus tetap mengontrol anak-anaknya karena usia-usia sekolah sangat rentan terhadapa perkembangan lingkungan sekitar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial; Anak-anak Mucikari; Teman Sebaya;
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 20 Jul 2016 13:57
    Last Modified: 20 Jul 2016 13:57

    Actions (login required)

    View Item