PERAN KEGIATAN PARENTING DALAM POLA ASUH ORANGTUA DI PAUD CINTA KASIH AMELIA DI DESA WUNUT, KECAMATAN NGOMBOL, KABUPATEN PURWOREJO

Wahyu Mega Mustikaningrum , 1201410025 (2014) PERAN KEGIATAN PARENTING DALAM POLA ASUH ORANGTUA DI PAUD CINTA KASIH AMELIA DI DESA WUNUT, KECAMATAN NGOMBOL, KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1336Kb)
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (1336Kb)

      Abstract

      Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa keluarga merupakan pembentuk pribadi anak karena waktu yang dihabiskan anak paling banyak di rumah Oleh karena pengelola PAUD Cinta Kasih Amelia mengupayakan dalam pengembangan kompetensi orangtua untuk mengelola sebuah kegiatan yang menarik dan mudah dalam kaitannya dengan proses tumbuh kembang anak yang disebut dengan program parenting.Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses perencanaan kegiatan parenting di lembaga PAUD cinta kasih Amelia di Desa Wunut, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan parenting dalam pola asuh orangtua anak usia dini di lembaga PAUD Cinta Kasih Ameliadi Desa Wunut, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo ? 3) Bagaimana evaluasi kegiatan parenting dalam pola asuh orangtua anak usia dini di lembaga PAUD Cinta Kasih Ameliadi Desa Wunut, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo ? 4) Hambatan apa yang ada dalam kegiatan parenting dalam pola asuh orangtua anak usia dini di lembaga PAUD Cinta Kasih Ameliadi Desa Wunut, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 1 pengelola PAUD, 2 tutor, 3 peserta parenting.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peran kegiatan parenting dalam pola asuh orang tua di PAUD Cinta Kasih Amelia terlihat dari adanya dukungan dari orang tua terhadap kegiatan parenting dan adanya tujuan kegiatan yang jelas, tetapi tidak semua tujuan dapat tercapai. 2) Setelah mengikuti kegiatan parenting sebagian besar orang tua sudah lebih bisa menggunakan pola asuh dan memenuhi kebutuhan anak dengan tepat, terutama pemenuhan kebutuhan fisik dan emosi anak agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Saran dalam penelitian ini 1) untuk pendidik dan pengelola kegiatan parenting agar memaksimalkan tujuan yang hendak dicapai dengan memenuhi kebutuhan anak dan orang tua, serta Bagi orang tua yang telah mengikuti kegiatan parenting agar mengaplikasikan secara optimal dari hasil kegiatan yang telah diikuti dalam kehidupan sehari-hari terutama penerapan pola asuh yang tepat.

      Item Type: Thesis (Under Graduates)
      Uncontrolled Keywords: Peran; Parenting; Pola Asuh Orang Tua; PAUD Cinta Kasih Amelia
      Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
      B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
      L Education > L Education (General)
      L Education > LC Special aspects of education
      Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
      Depositing User: maria perpus unnes
      Date Deposited: 20 Jul 2016 14:15
      Last Modified: 20 Jul 2016 14:15

      Actions (login required)

      View Item