PENYELENGGARAAN PAUD BERBASIS PENDIDIKAN AL-QUR’AN (STUDI PADA PAUD-TPQ NURUL HUDA DI JALAN PANCURSARI IV, KELURAHAN JANGLI, KECAMATAN TEMBALANG, KOTA SEMARANG)

DWI SAPUTRI HANDAYANI, 1201410013 (2014) PENYELENGGARAAN PAUD BERBASIS PENDIDIKAN AL-QUR’AN (STUDI PADA PAUD-TPQ NURUL HUDA DI JALAN PANCURSARI IV, KELURAHAN JANGLI, KECAMATAN TEMBALANG, KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1265Kb)

    Abstract

    Rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana perencanaan PAUD berbasis Pendidikan Al-Qur’an pada PAUD-TPQ Nurul Huda, (2) Bagaimana pengorganisasian PAUD berbasis Pendidikan Al-Qur’an pada PAUD-TPQ Nurul Huda, (3) Bagaimana pelaksanaan PAUD berbasis Pendidikan Al-Qur’an pada PAUD-TPQ Nurul Huda, dan (4) Bagaimana pengendalian PAUD berbasis Pendidikan Al-Qur’an pada PAUD-TPQ Nurul Huda. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan PAUD berbasis Pendidikan Al-Qur’an pada PAUD-TPQ Nurul Huda, (2) Untuk mengetahui pengorganisasian PAUD berbasis Pendidikan Al-Qur’an pada PAUD-TPQ Nurul Huda, (3) Untuk mengetahui pelaksanaan PAUD berbasis Pendidikan Al-Qur’an pada PAUD-TPQ Nurul Huda, dan (4) Untuk mengetahui pengendalian PAUD berbasis Pendidikan Al- Qur’an pada PAUD-TPQ Nurul Huda. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data berjumlah sepuluh orang yang terdiri dari satu orang kepala, satu orang sekretaris, satu orang bendahara, dua orang pendidik, dua orang orang tua, dua orang peserta didik dari PAUD-TPQ Nurul Huda, dan satu orang staff UPTD Pendidikan Kecamatan Tembalang. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian meliputi uji kredibilitas data (validitas internal), uji transferability (validitas eksternal), uji depenability (reliabilitas), dan uji comfirmability (obyektifitas). Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan (1) Penyelenggaraan PAUD-TPQ Nurul Huda sudah sesuai dengan pedoman penyelenggaraan PAUD berbasis Pendidikan Al-Qur’an, dan (2) Penyelenggaraan PAUD-TPQ Nurul Huda sudah sesuai dengan teori komponen penyelenggaraan. Saran untuk PAUD-TPQ Nurul Huda yaitu (1) PAUD-TPQ Nurul Huda bila akan melakukan perencanaan hendaknya semua komponen dilibatkan agar semua komponen mempunyai andil yang besar dalam penyelenggaraan PAUDTPQ Nurul Huda, (2) Tugas dan fungsi komite wali peserta didik perlu lebih dioptimalkan sehingga peran wali peserta didik dalam hal ini orang tua dapat lebih maksimal, (3) Perlu adanya kerjasama yang cukup erat sehingga semua komponen ikut bersama melaksanakan apa yang telah menjadi perencanaan dengan sungguhsungguh, dan (4) Hasil dari evaluasi, pelaporan, dan pembinaan perlu didokumentasikan atau dibuat notulen sehingga koreksi yang diberikan dapat digunakan untuk perbaikan penyelenggaraan PAUD-TPQ Nurul Huda ke depan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Penyelenggaraan; Pendidikan Anak Usia Dini; Pendidikan Al- Qur’an
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LC Special aspects of education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:15
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:15

    Actions (login required)

    View Item