Pengaruh Lokasi dan Harga terhadap Keputusan Berbelanja di Mini Market Sarinah Swalayan Ngaliyan Semarang.

Siti zuliani , 3364000087 (2005) Pengaruh Lokasi dan Harga terhadap Keputusan Berbelanja di Mini Market Sarinah Swalayan Ngaliyan Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Lokasi dan Harga terhadap Keputusan Berbelanja di Mini Market Sarinah Swalayan Ngaliyan Semarang.) - Published Version
Download (1315Kb)

    Abstract

    Bertambahnya jumlah pasar swalayan dan toko-toko di kota Semarang, menyebabkan persaingan semakin ketat. Hal ini mengakibatkan Mini Market SARINAH Swalayan Ngalian Semarang mengalami penurunan jumlah konsumen. Untuk itu, pemilik perusahaan berusaha mempertahankan pelanggannya supaya mereka tidak beralih ke pesaingnya. Adapun yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli adalah lokasi lokasi yang strategis dan harga barang yang sesuai dengan harga pasar dengan barang yang di jual. Pengamatan sementara menunjukkan bahwa faktor harga yang kurang sesuai dengan harga pasar atau barang yang dijual atau juga karena letak lokasi yang kurang strategis menurut pembeli. Adanya fenomena inilah yang mendorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Berbelanja di Mini Market SARINAH Swalayan Ngalian Semarang”. Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang timbul adalah: (1) Adakah pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan berbelanja di Mini Market SARINAH Swalayan Ngaliyan Semarang? (2) Seberapa besar pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan berbelanja di Mini Market SARINAH Swalayan Ngaliyan Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan berbelanja di Mini Market SARINAH Swalayan Ngaliyan Semarang (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan berbelanja di Mini Market SARINAH Swalayan Ngaliyan Semarang. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang kebetulan sedang berbelanja di mini market SARINAH swalayan Semarang. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling sebanyak 120 konsumen. Dalam penelitian variabel yang diteliti adalah lokasi dan harga sebagai variabel bebas dan keputusan berbelanja sebagai variabel terikat. Data yang diambil dalam penelitia ini adalah teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif prosentase dan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data diperoleh Fhitung sebesar 16,995 > Ftabel (3,07) yang berarti hipotesis yang menyatakan ada pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan berbelanja di minimarket SARINAH Swalayan Ngaliyan Semarang diterima. Besarnya kontribusi lokasi dan harga terhadap keputusan berbelanja di minimarket SARINAH Swalayan Ngaliyan Semarang sebesar 22,5%. Hasil uji parsial diperoleh thitung untuk variabel lokasi sebesar 2,188 dengan probabilitas 0,031 < 0,05 dan thitung sebesar 4,676 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 yang berarti secara parsial ada pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan berbelanja. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan berbelanja di minimarket SARINAH Swalayan Ngaliyan Semarang yaitu sebesar 22,5%. Keputusan berbelanja lebih banyak dipengaruhi harga, sedangkan keputusan berbelanja cenderung cukup, sehingga disarankan pengelola mini market SARINAH untuk meningkatkan daya tarik dengan menetapkan harga jual yang disesuaikan dengan kualitas produk.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Lokasi, Harga dan Keputusan Berbelanja.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 11 May 2011 21:51
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:47

    Actions (login required)

    View Item