PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS MEDIA PERAGA SISTEM AC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA


Muhamad Mansur , 5201411020 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS MEDIA PERAGA SISTEM AC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Muhamad_Mansur.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis media peraga sistem AC dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kompetensi memelihara atau servis sistem AC dan apakah ada peningkatan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis media peraga dengan peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis media peraga. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain Control Group Pre-test-Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII TKR SMK Palapa Semarang yang mengikuti pelajaran sistem AC yang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik random sampling. sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan test. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas. Uji homogenitas dan Uji-t. Dari hasil analisis menunjukan ada peningkatan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis media peraga sistem AC terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari nilai rata-rata post-test siswa kelompok eksperimen adalah 80,63 sedangkan kelompok kontrol adalah 75,71. Berdasarkan nilai thitung = 2,481 dan ttabel = 1,67 t berada pada daerah penolakan ho sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan antara kedua kelompok. Dimana hasil belajar kelompok eskperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Media Peraga, Sistem AC, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:00
Last Modified: 20 Jul 2016 18:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23540

Actions (login required)

View Item View Item