PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP CITRA RSUD SALATIGA


IRVAN BACHTIAR, 7311411146 (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP CITRA RSUD SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311411146.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak upaya yang telah dilakukan oleh RSUD Salatiga untuk meningkatkan citranya, baik melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya, maupun dengan menambah berbagai fasilitas yang dimilikinya. Namun upaya-upaya tersebut belum sepenuhnya berhasil, hal tersebut dapat dilihat dari data hasil survei bidang Bina Program RSUD Kota Salatiga bulan Januari 2014 diperoleh kesan dan pesan pelanggan yang menunjukkan bahwa ada beberapa keluhan ketidakpuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan keperawatan. Implikasi keluhan-keluhan tersebut berakibat fluktuatifnya BOR dari tahun ke tahun (2011-2014). Selain itu kematian pasien yang dirawat di RSUD Salatiga masih tergolong tinggi. Kondisi-kondisi tersebut menjadikan RSUD Salatiga memiliki citra kurang baik dibenak pasien-pasiennya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pasien secara parsial maupun simultan terhadap citra RSUD Salatiga. Populasi dalam penelitian ini berdasarkan pada rata-rata data kunjungan pasien rawat inap per bulan antara bulan Juli 2014 s/d Juli 2015, sedang jumlah responden dalam penelitian ini 92 orang pasien rawat inap yang dihitung menggunakan rumus slovin pada tingkat kesalahan 10%. Sementara teknik pengambilan sampel sebanyak 92 orang tersebut menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan regresi linear berganda dengan bantuan program statistik SPSS v17. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kualitas pelayanan dan kepuasan pasien secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap citra RSUD Salatiga, dibuktikan nilai p-value hasil uji masing-masing variabel baik secara parsial maupun simultan 0,000 < α=5%. Penelitian ini menyimpulkan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap citra RSUD Salatiga. Saran dari penelitian ini, yaitu 1) Mengajukan anggaran pembangunan kepada Pemda Salatiga untuk memperbaiki tampilan gedung yang kurang menarik, 2) Mewajibkan seluruh pegawai mengikuti diklat pelayanan prima, sehingga setiap pegawai mengetahui secara lebih baik cara-cara memberikan pelayanan yang bermutu kepada pasien, 3) Menempatkan pegawai sesuai dengan latar belakang pendidikannya. 4) Menjadikan kegiatan sosial sebagai program tahuanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Citra RSUD Salatiga
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:03
Last Modified: 20 Jul 2016 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23531

Actions (login required)

View Item View Item