PENGARUH JOB CHARACTERISTICS, COMMUNICATION SATISFACTION, DAN CONSCIENTIOUSNESS PADA ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (Studi Pada Karyawan PT Kereta Api Indonesia DAOP IV Semarang)


Asis Dwi Saputra , 7311411125 (2015) PENGARUH JOB CHARACTERISTICS, COMMUNICATION SATISFACTION, DAN CONSCIENTIOUSNESS PADA ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (Studi Pada Karyawan PT Kereta Api Indonesia DAOP IV Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311411125.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Job Characteristic, Communication Satisfaction, dan Conscientiousness berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Sampel penelitian yaitu karyawan PT Kereta Api Indonesia Daop IV Semarang sebanyak 131 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis pengambilan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi (pengamatan), literatur dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS for Windows versi 16. Hasil penelitian ini yaitu Job Characteristics berpengaruh positif signifikan terhadap OCB dengan tingkat signifikansi 0,008. Communication Satisfaction berpengaruh positif signifikan terhadap OCB dengan tingkat signifikansi 0,000. Conscientiousness berpengaruh positif signifikan terhadap OCB dengan tingkat signifikansi 0,002. Saran dalam penelitian ini adalah bagi akademisi, diharapkan lebih menggali pengetahuan mengenai konsep Job Characteristics, Communication Satisfaction, Conscientiousness, dan OCB serta hendaknya peka terhadap masalah yang berkembang saat ini. Bagi peneliti selanjutnya, dapat menggunakan objek yang lebih luas dan menambah variabel lain yang belum atau jarang diteliti. Bagi perusahaan, dapat menerapkan design pekerjaan yang tepat serta memberikan kebebasan dalam komunikasi di organisasi supaya dapat memicu karyawan untuk mengungkapkan OCB yang menguntungkan bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Job Characteristic, Communication Satisfaction, Conscientiousness, Organizational Citizenship Behaviour
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:03
Last Modified: 20 Jul 2016 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23528

Actions (login required)

View Item View Item