PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KINERJA DENGAN BURNOUT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KARYAWAN PT. INTIRODA MAKMUR PERSADA TBK, TANGERANG


Muhammad Aji , 7311411100 (2015) PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KINERJA DENGAN BURNOUT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KARYAWAN PT. INTIRODA MAKMUR PERSADA TBK, TANGERANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311411100.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah sumber daya manusia menjadi tantangan tersendiri bagi manajemen perusahaan. Pendekatan baru dalam kepemimpinan secara simultan bisa meningkatkan pertumbuhan pribadi karyawan serta memperbaiki kualitas dan pelayanan. Upaya pencapaian kondisi tersebut di tempat kerja perlu diterapkan suatu model kepemimpinan yang dikenal sebagai kepemimpinan melayani atau servant leadership. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh servant leadership terhadap kinerja karyawan dengan bornout sebagai vaiabel intervening pada karyawan PT. Inti Roda Makmur Persada Tbk, Tangerang. Populasi Penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Inti Roda Makmur Persada Tbk, Tangerang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportionate random sampling, jumlah responden sebanyak 64 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode kuesioner dan metode literatur. Analisis data menggunakan regresi linier dan analisis jalur dengan program SPSS versi 20, dimana variabel yang digunakan meliputi bornout, kinerja pegawai dan servant leadership. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai t hitung membuktikan bahwa servant leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap bornout. Hasil penelitian kedua diperoleh bahwa servant leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Hasil penelitian ke tiga menyatakan bahwa bornout berpengaruh negative dan signifikan terhadap kinerja. Dan hasil penelitian selanjutnya diperoleh bahwa servant leadership berpengaruh terhadap kinerja dengan burnout berpengaruh secara positif dan signifikan. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa ada pengaruh positif dan signifikan servant leadership secara langsung terhadap kinerja. Saran bagi perusahan adalah sebaiknya pihak manajerial menerapkan kepemimpinan servant leadership serta dalam penerapannya menekankan pada pendekatan sosial dengan karyawannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Servant Leadership, Burnout, Kinerja Karyawan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:05
Last Modified: 20 Jul 2016 18:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23527

Actions (login required)

View Item View Item