PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY


Risky Latif Rosyadi , 7211411185 (2015) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211411185.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Corporate Social Responsibility merupakan suatu jenis kegiatan yang di dalamnya memberikan perhatian khusus terhadap norma dan etika pada karyawan, masyarakat dan lingkungan sekitar dengan tujuan untuk memuaskan keinginan para pemegang saham dan juga masyarakat umum. Setiap kegiatan perusahaan sangat penting untuk diketahui oleh pihak internal maupun eksternal. pengungkapan CSR di dalam laporan tahunan sebagai salah satu cara mengkomunikasikannya. Hal inilah yang mendorong lahirnya konsep Social Accounting atau Social Responbility Accounting. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas dan media exposure terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang tercatat pada LQ45 periode 2012-2014. Sejumlah 21 perusahaan dijadikan sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas meliputi ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, dan media exposure. Sedangkan variabel terikat adalah Pengungkapan CSR. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 22. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel likuiditas, media exposure berpengaruh positif terhadap Pengungkapan CSR. Sedangkan Ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak terbukti mempunyai pengaruh terhadap pengungkapan CSR. Besarnya koefesien determinasi (adjusted R square) adalah sebesar 0,221. Hal ini berarti 22,1% variabel dependen yaitu pengungkapan CSR dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, dan media exposure. Sedangkan sisanya sebesar 77,9% pengungkapan CSR dijelaskan oleh variabel atau sebab-sebab lain di luar model. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat diberikan saran untuk penelitian selanjutnya dalam pengukuran variabel media exposure sebaiknya menggunakan pengukuran yang lebih baik lagi selain menggunakan dummy, dan menggunakan periode penelitian yang lebih panjang untuk mengetahui konsistensi dari pengaruh variabel-variabel independen tersebut terhadap pengungkapan CSR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan CSR, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Media Exposure.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:13
Last Modified: 20 Jul 2016 18:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23526

Actions (login required)

View Item View Item