PENGARUH MINAT KERJA, PRESTASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA SISWA SMK NUSA BHAKTI SEMARANG (Studi Pada Kelas XII Tahun Ajaran 2015/2016)

Alhusnaly Rismawati Sugiyanto , 7101411389 (2015) PENGARUH MINAT KERJA, PRESTASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA SISWA SMK NUSA BHAKTI SEMARANG (Studi Pada Kelas XII Tahun Ajaran 2015/2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1757Kb)

    Abstract

    Motivasi memasuki dunia kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi minat dan prestasi belajar, sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan keluarga. Apabila dilihat dari minat kerja, prestasi belajar dan keadaan lingkungan keluarga siswa SMK Nusa Bhakti tergolong baik. Permasalahan yang terjadi adalah karena masih rendahnya motivasi siswa untuk bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat kerja, prestasi belajar, dan lingkungan keluarga terhadap motivasi memasuki dunia kerja siswa SMK Nusa Bhakti Semarang tahun ajaran 2015/2016 baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa yang terdiri dari siswa kelas XII SMK Nusa Bhakti Semarang. Karena penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan kuesioner. Variabel yang diteliti yaitu minat kerja, prestasi belajar dan lingkungan keluarga sebagai variabel bebas dan motivasi memasuki dunia kerja sebagai variabel terikat. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase dan regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel minat kerja berada di kriteria tinggi (78%), prestasi belajar dalam kategori tuntas (100%) dan lingkungan keluarga berada di kriteria baik (70%). Sedangkan motivasi memasuki dunia kerja siswa masuk dalam kategori sedang (62%). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa ada pengaruh minat kerja, prestasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap motivasi memasuki dunia kerja sebesar 61,7%, ada pengaruh minat kerja terhadap motivasi memasuki dunia kerja sebesar 22%, ada pengaruh prestasi belajar terhadap motivasi memasuki dunia kerja sebesar 8,82%, dan ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi memasuki dunia kerja sebesar 10,17%. Simpulan dari penelitian bahwa ada pengaruh positif minat kerja, prestasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap motivasi memasuki dunia kerja siswa kelas XII SMK Nusa Bhakti Semarang tahun ajaran 2015/2016 baik secara simultan maupun parsial. Saran, siswa hendaknya memiliki motivasi yang tinggi untuk dapat segera bekerja meskipun keadaan lingkungan keluarga kurang baik dan bagi orang tua hendaknya memberikan perhatian dan pengarahan yang cukup baik terhadap anaknya dalam hal mencari pekerjaan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Minat Kerja, Prestasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Motivasi Memasuki Dunia Kerja
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:04
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:04

    Actions (login required)

    View Item