PERAN SUMBER DAYA MANUSIA KOPERASI (SDMK) DALAM ASPEK MANAJEMEN PENILAIAN KESEHATAN KOPERASI (Studi Pada Koperasi Karyawan Pura Group Kudus)


Wahyu Setyorini , 7101411383 (2015) PERAN SUMBER DAYA MANUSIA KOPERASI (SDMK) DALAM ASPEK MANAJEMEN PENILAIAN KESEHATAN KOPERASI (Studi Pada Koperasi Karyawan Pura Group Kudus). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101411383.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Koperasi Karyawan Pura Group mendapatkan kategori “CUKUP SEHAT” pada penilaian kesehatannya dengan skor terlemah pada aspek manajemen. Hal ini mengindikasikan adanya kelemahan dalam manajemen Koperasi Karyawan Pura Group, dan manajemen berkaitan dengan Sumber Daya Manusia Koperasi (SDMK), sehingga penelitian ditujukan untuk mengetahui bagaimana peran dari Sumber Daya Manusia Koperasi (SDMK) yang terfokus pada peran manajer, karyawan dan anggota Koperasi Karyawan Pura Group. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan manajer Koperasi sebagai pengelola Koperasi, karyawan Koperasi sebagai pelaksana Koperasi dan anggota Koperasi sebagai user Koperasi. Peran yang dilakukan manajer Koperasi Karyawan Pura Group adalah; (a) membuat kebijakan yang disetujui oleh pengurus; (b) mengelola modal dan asset yang dimiliki Koperasi; (c) menjaga komunikasi dengan anggota Koperasi dan karyawan dibawahnya, dan (d) mengawasi dan menilai prestasi kerja karyawan-karyawan Koperasi. Sedangkan peran karyawan Koperasi Pura Group adalah sebagi berikut: (a) berkompetensi dalam pekerjaan yang dilakukan; (b) memiliki kemampuan komunikasi yang efektif; (c) memiliki kesopanan dalam interaksinya di dalam Koperasi, dan (d) memahami kebutuhan anggota Koperasi. Kemudian peran anggota Koperasi yang terlihat selama penelitian berlangsung adalah sebagai berikut: (a) memenuhi semua kewajiban dan melunasi segala pembayaran kepada Koperasi, dan (b) mematuhi keputusan mayoritas atau menaati keputusan yang dihasilkan dalam Rapat Anggota Tahunan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran SDM Koperasi Karyawan Pura Group masih belum optimal jika dibandingkan dengan potensi yang ada. Hal tersebut dikarenakan lemahnya pengelolaan manajerial Koperasi dan lampiranlampiran yang mendukung penilaian kesehatan Koperasi tidak terdokumentasi dengan jelas. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah agar pihak Koperasi Karyawan Pura Group senantiasa mengadakan pelatihan dan pendidikan perKoperasian kepada karyawan dan anggota Koperasi Pura Group.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran SDMK, Penilaian Kesehatan Koperasi, Manajemen Koperasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:15
Last Modified: 20 Jul 2016 18:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23516

Actions (login required)

View Item View Item