PENGARUH PENDAPATAN DAN KONSUMSI RUMAH TANGGA TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA PETANI PENGGARAP KOPI DI KECAMATAN CANDIROTO KABUPATEN TEMANGGUNG


Hanifah Amanaturrohim , 7101411096 (2015) PENGARUH PENDAPATAN DAN KONSUMSI RUMAH TANGGA TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA PETANI PENGGARAP KOPI DI KECAMATAN CANDIROTO KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101411096.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesejahteraan keluarga sangat penting dalam kehidupan yang digunakan sebagai tujuan dalam mencapai ketentraman kehidupan. Seseorang dikatakan tentram ketika dapat memenuhi kebutuhan hidupnya yang dilihat dari berbagai aspek seperti jasmani, sosial dan pengembangannya. Berdasarkan observasi awal dari data secara makro menjelaskan bahwa kesejahteraan keluarga petani penggarap kopi tinggi hal ini terlihat dari semakin banyaknya jumlah keluarga yang semakin sejahtera. Diduga hal ini dipengaruhi pendapatan dan konsumsi rumah tangga yang dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Perumusan masalah dalam penelitian ini, seberapa besar pengaruh pendapatan dan konsumsi rumah tangga terhadap kesejahteraan keluarga petani penggarap kopi di Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga petani penggarap kopi yang tidak memiliki lahan perkebunan yang berjumlah 250 keluarga. Ukuran sampel menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh 71 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik area propotional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y= 16.032 + 0.444 X1 + 0.232 X2. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil secara parsial pendapatan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kesejahteraan keluarga sebesar 7.89%, dan konsumsi rumah tangga berpengaruh signifikan dan positif terhadap kesejahteraan keluarga sebesar 17.72%, sedangkan secara simultan pedapatan dan konsumsi rumah tangga secara bersama-sama mempengaruhi kesejahteraan keluarga sebesar 27.1% sisanya sebesar 72.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara pendapatan dan konsumsi rumah tangga terhadap kesejahteraan keluarga baik secara parsial maupun secara simultan. Dalam penelitian ini dapat dikemukakan saran bahwa pihak pemerintah harus memiliki tolok ukur sebagai ukuran pengupahan, memberikan pelatihan atau pengarahan untuk menciptakan industri rumah tangga dan mengadakan tabungan untuk jaminan masa depan dan mengurangi sifat konsumerisme.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Konsumsi Rumah Tangga dan Kesejahteraan Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:04
Last Modified: 20 Jul 2016 18:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23506

Actions (login required)

View Item View Item