PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS, MOTIVASI BELAJAR, DAN PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Afrilia Purwaningrum , 7101411088 (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS, MOTIVASI BELAJAR, DAN PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1939Kb)

    Abstract

    Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar antara lain adalah motivasi belajar, lingkungan belajar, dan cara belajar.Ketrampilan guru dalam mengelola kelas sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kegiatan belajar yang kondusif. Selain itu, motivasi dari siswa juga menentukan hasil belajar yang baik. Sumber belajar yang mendukung akan sangat membantu dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai ketrampilan guru dalam mengelola kelas, motivasi belajar, dan penggunaan internet sebagai sumber belajar mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Semarang tahun ajaran 2014/2015 secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Semarang dengan sampel sebanyak 94 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel terikat yaitu hasil belajar (Y) dan variabel bebas yaitu persepsi siswa mengenai ketrampilan guru dalam mengelola kelas (X1), motivasi belajar (X2), dan penggunaan internet sebagai sumber belajar mata pelajaran ekonomi (X3). Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 17. Hasil uji hipotesis simultan diketahui nilai Fhitung sebesar 44, 357 dengan signifikansi sebesar 0, 000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara persepsi siswa mengenai ketrampilan guru dalam mengelola kelas, motivasi belajar, dan penggunaan internet sebagai sumber belajar mata pelajaran ekonomi secara simultan atau Ha diterima. Sedangkan secara parsial hasilnya menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara persepsi siswa mengenai ketrampilan guru dalam mengelola kelas terhadap hasil belajar sebesar 6, 40%, ada pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 4, 84%, dan ada pengaruh positif antara penggunaan internet sebagai sumber belajar mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar sebesar 8, 94%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara persepsi siswa mengenai ketrampilan guru dalam mengelola kelas, motivasi belajar, dan penggunaan internet sebagai sumber belajar mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Semarang tahun ajaran 2014/2015 baik secara simultan maupun parsial. Saran bagi siswa hendaknya meningkatkan pemahamannya tentang penggunaan internet sebagai sumber belajar. Bagi sekolah, perlu ditingkatkan saran dan prasarana untuk menunjang akses internet bagi siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Persepsi Siswa Mengenai Ketrampilan Guru dalam Mengelola Kelas, Motivasi Belajar, dan Penggunaan Internet sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Ekonomi.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:05
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:05

    Actions (login required)

    View Item