EFEKTIVITAS METODE BERMAIN PERAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN HIV/AIDS (Studi di SMK Nusa Bhakti Semarang)


Siti Robiatul Maulidiyah , 6411411131 (2015) EFEKTIVITAS METODE BERMAIN PERAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN HIV/AIDS (Studi di SMK Nusa Bhakti Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411131.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kasus HIV/AIDS mengalami peningkatan pada kelompok usia 15-19 tahun. Salah satu upaya pencegahan dengan meningkatkan pengetahuan HIV/AIDS pada remaja melalui pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan dapat mencapai hasil yang optimal dengan metode pendidikan yang sesuai sasaran. Hasil need assessment menyatakan responden lebih menyukai metode bermain peran. Metode bermain peran ini dikombinasikan dengan lagu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode bermain peran terhadap tingkat pengetahuan HIV/AIDS pada siswa di SMK Nusa Bhakti. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan pretest posttest with control group. Jumlah sampel adalah 33 pada masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol. Analisis dengan Uji T berpasangan dan uji T tidak berpasangan. Hasil penelitian ini yaitu terdapat perbedaan pengetahuan HIV/AIDS sebelum dan sesudah diberikan intervensi pendidikan kesehatan dengan metode bermain peran (p=0,001 < 0,05). Terdapat perbedaan yang bermakna setelah diberikan intervensi antara kelompok eksperimen dan kontrol (p=0,001 < 0,05). Disimpulkan bahwa metode bermain peran efektif dalam meningkatkan pengetahuan HIV/AIDS pada siswa di SMK Nusa Bhakti Semarang. Saran kepada peneliti selanjutnya agar bisa mengkombinasikan metode bermain peran dengan media atau metode lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: HIV/AIDS, pengetahuan, metode bermain peran.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:53
Last Modified: 20 Jul 2016 17:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23497

Actions (login required)

View Item View Item