UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN ZODIA (Evodia suaveolens) DALAM SEDIAAN LOTION DENGAN BASIS PEG 400 SEBAGAI REPELLENT TERHADAP Aedes aegypti


Ria Erlina , 6411411116 (2015) UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN ZODIA (Evodia suaveolens) DALAM SEDIAAN LOTION DENGAN BASIS PEG 400 SEBAGAI REPELLENT TERHADAP Aedes aegypti. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411116.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Aedes aegypti merupakan pembawa utama penyakit DBD yang angka kejadiannya cenderung meningkat dan peseberannya semakin luas. Upaya pengendalian vektor yang populer di masyarakat adalah menggunakan insektisida kimiawi. Penggunaan insektisida dapat menimbulkan resistensi nyamuk dan menyebabkan keracunan pada manusia. Maka perlu dikembangkan pengendalian yang efektif untuk menghindari dampak tersebut. Jenis pengendalian ini dapat berupa insektisida alami yang berasal dari tumbuhan, salah satunya daun zodia (Evodia suaveolens). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas lotion ekstrak daun zodia untuk menolak nyamuk Aedes aegypti. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni, menggunakan rancangan penelitian post test only control group design. Analisis data yang dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji probit dan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Kruskal Wallis dengan p = 0,05). Hasil uji Kruskal Wallis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan presentase jumlah nyamuk yang hinggap pada berbagai konsentrasi lotion ekstrak daun zodia, ditunjukkan dengan nilai signifikansi p=0,089 (p>0,05). Simpulan dari penelitian ini adalah lotion ekstrak daun zodia efektif menolak nyamuk Aedes aegypti pada konsentrasi 25% karena daya tolaknya lebih dari 90%. Saran untuk peneliti selanjutnya agar memadukan bahan-bahan lain untuk memperkuat daya dolak, analisa pengaruh faktor host (warna kulit, pori-pori kulit, golongan darah), faktor waktu penyimpanan ekstrak dan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai bahan aktif yang terkandung dalam daun zodia beserta karakteristik zat tersebut untuk dikembangkan menjadi lotion anti nyamuk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nyamuk Aedes aegypti, ekstrak daun zodia, repellent
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:17
Last Modified: 20 Jul 2016 18:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23496

Actions (login required)

View Item View Item