PENGARUH LATIHAN TEMBAKAN LAY UP DARI SISI KANAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN BERTAHAP DAN TIDAK BERTAHAP TERHADAP HASIL TEMBAKAN LAY UP PADA PESERTA PUTRA KLUB BOLABASKET EXITON KU-15 BANJARNEGARA TAHUN 2015

Adin Jatiyo Norpangaji , 6301409098 (2015) PENGARUH LATIHAN TEMBAKAN LAY UP DARI SISI KANAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN BERTAHAP DAN TIDAK BERTAHAP TERHADAP HASIL TEMBAKAN LAY UP PADA PESERTA PUTRA KLUB BOLABASKET EXITON KU-15 BANJARNEGARA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1627Kb)

    Abstract

    Pendidikan jasmani harus diutamakan mengingat mempunyai tujuan yang penting dalam pengembangan pembelajaran. Model latihan seringkali dirasa monoton, tidak ada kreativitas. Hal tersebut membuat anak cenderung menjadi merasa bosan dan kurang menangkap pokok inti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh antara latihan tembakan lay up dari sisi kanan menggunakan metode latihan bertahap dan tidak bertahap terhadap hasil tembakan lay up pada peserta putra klub bolabasket Exiton KU-15 Banjarnegara tahun 2015?” Metode penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen. Prosedur penelitian eksperimen meliputi tahap tes awal (post test), tahap pelaksanaan (action) dan tahap tes akhir (post test). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan dilapangan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan tembakan lay up dari buku Imam Sodikun yang telah dimodifikasi. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Hasil penelitian pada tahap tes awal menghasilkan rata-rata sebesar 5,25 untuk kelompok eksperimen dan 4,75 untuk kelompok kontrol. Untuk hasil penelitian tahap tes akhir menghasilkan rata-rata sebesar 7 untuk kelompok eksperimen dan 5,25 untuk kelompok kontrol. Hasil akhir meningkat dengan diterapkannya kedua metode latihan tembakan lay up. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil tembakan lay up peserta dengan menggunakan metode latihan tembakan lay up bertahap dan tidak bertahap. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian adalah perlu adanya kesiapan pelatih dalam meningkatkan keterampilan bolabasket peserta didiknya dan memilih metode yang tepat untuk diterapkan dalam proses latihan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Tembakan Lay up, Bolabasket, Metode Latihan.
    Subjects: O Sport > Physical fitness
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:04
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:04

    Actions (login required)

    View Item