PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLABASKET MELALUI PERMAINAN POLO DARAT UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS V SD YPPK UBRUB DISTRIK WEB KABUPATEN KEEROM PROVINSI PAPUA TAHUN 2015


Azis Saifudin , 6101411131 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLABASKET MELALUI PERMAINAN POLO DARAT UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS V SD YPPK UBRUB DISTRIK WEB KABUPATEN KEEROM PROVINSI PAPUA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411131.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini bersumber dari hasil observasi dan pengamatan adalah tidak adanya guru penjasorkes serta kurangnya sarana dan prasarana. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model Permainan Bolabasket POLO DARAT pada pembelajaran penjasorkes siswa kelas V SD YPPK Ubrub Keerom Papua Tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Pengembangan Model Permainan Bolabasket POLO DARAT pada pembelajaran penjasorkes siswa kelas V SD YPPK Ubrub. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur yang digunakan yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan POLO DARAT), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasrkan hasil dari evaluasi ahli dan dan uji coba kelompok kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba kelompok besar (18 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba kelompok besar, (7) hasil akhir model permainan POLO DARAT bagi siswa kelas V yang dihasilkan melalui revisi uji coba kelompok besar. Dari hasil rata-rata validasi pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 84,66% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 81,04% (baik). Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 87,66% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba kelompok besar didapat persentase 85,6% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan bolabasket POLO DARAT ini dapat digunkan untuk pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas V SD SD YPPK Ubrub Distrik Web Kabupaten Keerom Papua. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan produk model permainan POLO DARAT sebagai salah satu alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Model Permainan Bolabasket Polo Darat, Pembelajaran Penjasorkes
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:14
Last Modified: 20 Jul 2016 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23479

Actions (login required)

View Item View Item