PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAKBOLA “ONE GOAL MORE GOALS” DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V DAN VI SD YAYASAN PENDIDIKAN KRISTEN WAAN KABUPATEN MERAUKE PAPUA


ANDRA JATI NUGRAHA , 6101411109 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAKBOLA “ONE GOAL MORE GOALS” DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V DAN VI SD YAYASAN PENDIDIKAN KRISTEN WAAN KABUPATEN MERAUKE PAPUA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411109.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini bersumber dari hasil observasi dan pengamatan adalah kurangnya ranah pengembangan pembelajaran penjasorkes khususnya sepakbola. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan Permainan One Goal More Goals dalam pembelajaran penjasorkes siswa kelas V dan VI SD Yayasan Pendidikan Kristen Waan Kabupaten Merauke Papua? Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Model Pengembangan Permainan Sepakbola One Goal More Goals dalam Penjasorkes siswa kelas V dan VI SD Yayasan Pendidikan Kristen Waan Kabupaten Merauke Papua. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur yang digunakan yaitu: (1) melakukan analisis kebutuhan yang akan dikembangkan (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan sepakbola One Goal More Goals), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjasorkes dan satu ahli pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan dan uji coba kelompok kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba kelompok besar (16 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir model permainan sepakbola One Goal More Goals bagi siswa kelas V dan VI yang dihasilkan melalui revisi uji coba kelompok besar. Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 81,5% (baik). Hasil rata-rata pengamatan dan kuesioner siswa pada uji coba skala kecil aspek kognitif, afektif, dan psikomotor didapat persentase sebesar 84,33% (baik). Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba kelompok besar didapat persentase sebesar 84,5% (baik). Hasil rata-rata pengamatan dan kuesioner siswa pada uji coba kelompok besar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor didapat persentase 85,25% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan One Goal More Goals ini dapat digunakan untuk pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas V dan VI SD Yayasan Pendidikan Kristen Waan Kabupaten Merauke. Saran bagi guru penjasorkes disekolah dasar dapat menggunkan produk model permainan One Goal More Goals sebagai salah satu alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Sepakbola, Permainan One Goal More Goals.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:14
Last Modified: 20 Jul 2016 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23478

Actions (login required)

View Item View Item