PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAK BOLA GOBOSO UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KEBASEN KABUPATEN BANYUMASTAHUN 2015


Galang Singgih Prasetyo , 6101411048 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAK BOLA GOBOSO UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KEBASEN KABUPATEN BANYUMASTAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411048.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini bersumber dari hasil observasi dan pengamatan adalah kurangnya ranah pengembangan pembelajaran penjasorkes. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan permainan GOBOSO untuk pembelajaran sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebasen kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Model Pengembangan Permainan GOBOSO untuk Pembelajaran Sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebasen kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur yang digunakan yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan (GOBOSO), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjasorkes di sekolah menengah pertama, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasrkan hasil dari evaluasi ahli dan dan uji coba kelompok kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba kelompok besar (28 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba kelompok besar, (7) hasil akhir model permainan GOBOSO bagi siswa kelas VIII yang dihasilkan melalui revisi uji coba kelompok besar. Dari hasil rata-rata validasi pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 92,6% (sangat baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 79,33% (baik). Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba lapangan didapat persentase sebesar 84,665% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba lapangan didapat persentase 86,55% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan GOBOSO ini dapat digunkan untuk pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebasen kabupaten Banyumas. Saran bagi guru penjasorkes disekolah menengah pertama dapat menggunkan produk model permainan GOBOSO sebagai salah satu alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Permainan GOBOSO, Pembelajran Sepak bola.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:14
Last Modified: 20 Jul 2016 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23475

Actions (login required)

View Item View Item