UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SHOOTING COLOUR PADA SISWA KELAS VIIA SMP N 1 BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015


ANNISA BERLIANA ISAKO , 6101411006 (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SHOOTING COLOUR PADA SISWA KELAS VIIA SMP N 1 BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411006.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian, karena hasil belajar siswa dalam pembelajaran sepak bola pada siswa kelas VII A SMP N 1 Bobotsari Kabupaten Purbalingga, siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa lebih suka menunggu bola datang dari pada bergerak mengejar bola. Permasalahan penelitian, apakah dengan pendekatan permainan shooting colour dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam permainan sepak bola bagi siswa kelas VII A SMP N 1 Bobotsari Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2014/2015?Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sepak bola dengan pendekatan permainan shooting colour pada siswa kelas VII A SMP N 1 Bobotsari Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam siklus 2. Subjek penelitian seluruh siswa kelas VII A yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data observasi berupa dokumen dan foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran penjasorkes dalam permainan sepak bola dengan pendekatan permainan shooting colour meningkat. Terlihat dari persentase ketuntasan belajar siswa dari semua aspek pada siklus I yaitu sebesar 61,76% meningkat pada siklus II menjadi 76,47%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklus dirata-rata dari aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan. Ketuntasan belajar aspek pengetahuan pada siklus I yaitu sebesar 47,06 %, pada siklus II sebesar 76,47%. Ketuntasan belajar aspek sikap pada siklus I yaitu sebesar 73,53%, siklus II sebesar 82,35%. Ketuntasan belajar aspek keterampilan pada siklus I yaitu sebesar 58,82%, siklus II sebesar 82,35%. Peningkatan hasil belajar tiap aspek pada penelitian ini, aspek pengetahuan 29,41%, aspek sikap 8,82%, aspek keterampilan 23,53%. Berdasarkanhasil penelitian bahwa pembelajaran penjas dalam permainan sepak bola dengan pendekatan permainan shooting colour dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 14,71%. Saran yang dapat disampaikan dari penelitian ini diharapkan pembelajaran penjas dengan pendekatan permainan shooting colour dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam permainan sepak bola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan, Sepak Bola, Shooting Colour.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:17
Last Modified: 20 Jul 2016 18:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23474

Actions (login required)

View Item View Item