PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBUAT MACAM-MACAM POLA GAUN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI SMK PGRI BATANG


Elida Dwi Yunita , 5401410124 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBUAT MACAM-MACAM POLA GAUN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI SMK PGRI BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401410124.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran Membuat Pola materi pokok membuat macam-macam pola gaun dianggap siswa kurang menarik. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar yang kurang maksimal. Tujuan Penelitian: (1)Mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar membuat macam-macam pola gaun dengan model pembelajaran TAI di SMK PGRI Batang; (2)Mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar membuat macam-macam pola gaun dengan model pembelajaran TAI di SMK PGRI Batang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen pretest-posttest one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Busana butik SMK PGRI Batang dengan jumlah sampel 11 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan uji gain. Hasil uji Wilcoxon diperoleh hitung 3,0 < tabel 11, artinya ada perbedaan hasil belajar membuat macam-macam pola gaun sebelum dan sesudah diajarkan dengan model pembelajaran TAI di kelas X Busana Butik SMK PGRI Batang. Hasil Uji Gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar membuat macammacam pola gaun dengan model pembelajaran TAI di SMK PGRI Batang sebesar 31% dan termasuk dalam kategori sedang. Simpulan: (1)Penggunaan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar membuat macam-macam pola gaun di SMK PGRI Batang; (2)Peningkatan hasil belajar membuat macammacam pola gaun di SMK PGRI Batang dengan penggunaan model pembelajaran TAI. Saran penelitian: (1)Guru dapat memvariasikan model pembelajaran TAI dengan model lainnya sehingga diperoleh model yang lebih sesuai dengan karakteristik pokok bahasan dan kondisi siswa; (2)Penelitian ini menunjukkan ada peningkatan pada mata pelajaran membuat pola busana, sehingga diharapkan pada guru dapat menerapkan model pembelajaran TAI ini pada kompetensi lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Gaun, Team Assisted Individualization (TAI
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:14
Last Modified: 20 Jul 2016 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23467

Actions (login required)

View Item View Item